Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

146 SD dan SMP Swasta Sudah Gratis, Kadisdik Kota Tangerang Jelaskan Prosedur Beasiswa Ini

×

146 SD dan SMP Swasta Sudah Gratis, Kadisdik Kota Tangerang Jelaskan Prosedur Beasiswa Ini

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin

Suarapena.com, TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang melakukan berbagai upaya terobosan dalam menyambut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Salah satunya adalah program beasiswa sekolah swasta gratis di 146 sekolah/madrasah (73 SD/sederajat dan 73 SMP/sederajat), yang ada di Kota Tangerang.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Kepala Disdik Kota Tangerang, Jamaluddin menuturkan, program beasiswa sekolah swasta gratis ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Wali Kota Tangerang Nomor 91 Tahun 2022.

Berita Terkait:  Ini Beasiswa Pascasarjana S2 Dalam dan Luar Negeri Tahun 2022

Ia menjelaskan, program beasiswa sekolah swasta gratis ini dihadirkan untuk menjadi alternatif pilihan mengingat keterbatasan kuota sekolah negeri, terutama setelah penerapan sistem zonasi.

Lanjutnya, program ini juga dihadirkan untuk melawan stigma pendidikan mahal yang selama ini melekat pada sekolah swasta. Lewat program ini, masyarakat bisa mendapatkan akses biaya pendaftaran sekolah swasta dan biaya-biaya rincian lainnya secara gratis.

Berita Terkait:  Pra-PPDB SMP Negeri Dibuka Sampai 12 Juli, Ini Syarat Kelengkapan Berkasnya

“Program ini sudah ada sejak tahun 2021. Namun, tahun ini semakin kita sempurnakan. Jika sebelumnya hanya mendapatkan bantuan uang pangkal sebesar 1 juta rupiah, kini tidak hanya itu, melainkan meliputi biaya pendaftaran masuk sekolah, biaya daftar ulang sekolah, biaya iuran bulanan (SPP), biaya ulangan harian, biaya ujian, biaya praktik, biaya kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler, biaya buku pelajaran, biaya mengikuti lomba-lomba,”

Berita Terkait:  Ini Pesan Disdik Kota Tangerang di Pekan Pertama Masuk Sekolah

“Jadi, orang tua tinggal mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan pribadi calon siswa, seperti buku tulis, tas, sepatu, seragam. Program ini benar-benar memberikan fasilitas serupa sekolah-sekolah negeri yang ada,” ujar Kepala Disdik Kota Tangerang, Jamaluddin, Selasa, (6/6/23).