Selasa, November 8, 2022

Kejar Target Universal Health Coverage 2019, BPJS Luncurkan Mobile JKN-KIS

SUARAPENA.COM – Mengejar target universal health coverage pada 1 Januari 2019 mendatang,  badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan kantor Cabang Bekasi sosialisasikan peluncuranmobile jaminan kesehatan nasional – kartu Indonesia sehat (JKN-KIS).

“Mudah-mudahan dengan aplikasi mobile JKN-KIS ini universal helat coverage 1 Januari 2019 bisa terwujud, dan target CSI 80% tahun ini bisa tercapai,” harap Siti Farida Hanoum, kepala BPJS kantor cabang Bekasi, dalam jumpa pers di kantor BPJS kantor cabang Bekasi, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/8/2017).

Melalui mobile JKN-KIS ini, jelasnya, dapat diunduh melalui smartphone berbasis android maupun IOS. Pilihan lain yang diberikan BPJS kesehatan dalam upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat adalah melalui pendaftaran melalui care center1500-400.

“Jadi untuk calon peserta tidak perlu lagi mengantri panjang di kantor BPJS kesehatan. Cukup dengan mendownload aplikasi mobile JKN-KIS atau menghubungi 1500-400,” sambungnya.

Hanoum menambahkan, peserta BPJS kesehatan juga bisa melakukan perbaikan atau perubahan data pribadi. Perubahan data peserta BPJS kesehatan yang bisa dilakukan yakni nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, alamat, email, nomor telepon, hingga kelas rawat dan fasilitas kesehatan.

Sebelum mendaftar melalui aplikasi mobile JKN-KIS atau care center 1500-400, hal yang perlu dipersiapkan adalah kartu keluarga (KK), nomor induk kependudukan (NIK), nomor rekening tabungan BRI, BNI, atau Mandiri. Selain itu juga dipersiapkan nomor telepon, alamat domisili untuk keperluan pengiriman kartu, dan alamat email.

“Untuk pendaftaran melalui care center 1500-400, agent care center akan mengirimkan nomor virtual account (VA) yang dikirik ke nomor ponsel atau ke email. Setelah itu diwajibkan membayar iuran pertama paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari. Sejak pembayaran pertama kartu peserta sudah aktif dan kartu peserta JKN-KIS akan dikirimkan ke alamat domisili,” terang Hanoum.

Menurut Hanoum, pada 2016, kepuasan peserta BPJS kesehatan mencapai 78,6%, dan selanjutnya pihaknya menarget tingkat kepuasan peserta tahun ini mencapai 80%. Kemudian, selain memanfaatkan aplikasi mobile JKN-KIS atau care center 1500-400 untuk meningkatkan kepuasan peserta, BPJS kantor cabang Bekasi juga mengembangkan pendaftaran melalui sistem dropbox di kantor cabang BPJS kesehatan, kantor kelurahan, kantor kecamatan, dan melalui PPOB/mitra kerja BPJS kesehatan.

“Pendaftaran melalui mitra kerja saat ini kami bekerja sama dengan PT Lippo Group yaitu di Blu Plaza dan Grand Mal Bekasi. Tidak menutup kemungkinan kita juga akan bekerja sama dengan instansi yang lain,” imbuhnya. (sng)

Berita Terbaru