Selasa, November 8, 2022

Golok Jawara Kebanggaan Kota Bekasi Jadi Souvenir Kriyaan

SUARAPENA.COM – Golok Jawara Kebanggaan Kota Bekasi Jadi Souvenir Kriyaan. Souvenir resepsi pernikahan atau kriyaan dalam Betawi, biasanya adalah barang-barang sederhana dengan atribut dua nama pasangan pengantin. Di Bekasi, souvenir sebuah golok atau “bendo” ditawarkan sebagai souvenir kriyaan.

“Golok atau Bendo ini kebanggaan Kota Bekasi, ini bisa dijadikan souvenir pernikahan atau bahasa kita kriyaan,” kata Bahrudin, pegiat budaya Betawi Bekasi, dalam konferensi pers Bekasi Wedding Expo 5 di Grand Metropolitan Mal, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (22/3/2019).

Bahrudin mengatakan, meski souvenir kriyaan ini berbentuk miniatur golok, tetapi bukan berarti hal ini menggambarkan kekasaran. Miniatur berbentuk golok ini disebut memiliki nilai seni dan budaya tinggi yang melekat di tengah masyarakat Bekasi.

Baca juga:  Rayakan Hari Kebangkitan Nasional, Komunitas Bekasi Raya Berdoa di Taman Makam Pahlawan

Selain souvenir berbentuk miniatur golok yang dikemas dalam sebuah kotak kaca, tersedia juga souvenir atribut golok lain seperti pin. Pin golok ini bisa disematkan pada pakaian, peci, maupun bagian busana lainnya.

Baca juga:  Pertunjukkan Silat Betawi, Don't Try This at Home!!!

Pria yang akrab disapa Udin ini berharap, souvenir golok bisa menjadi ciri khas di Kota Bekasi. Meski daerah lain seperti Jakarta dan Banten juga mengakui golok sebagai senjata khasnya, tetapi menurut dia masih ada perbedaan yang dapat dilihat dari bentuk golok masing-masing daerah.

Berita Terbaru