Rabu, November 16, 2022

Jelang Natal dan Tahun Baru 2022 Jasa Marga Bersiap Diri 

SUARAPENA.COM – PT Jasa Marga bersiap menghadapi lalulintas libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Demikian disampaikan Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Head, Bagus Cahya, melalui keterangan persnya, Senin (20/12/2021).

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division yang mengelola Ruas Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Prof. Dr. Ir. Soedijatmo, Cawang-Tomang-Pluit, JORR Seksi E & W2S, Ulujami-Pondok Aren serta Cipularang dan Padaleunyi, melakukan persiapan layanan operasional dengan fokus pada pelayanan operasional jalan tol yang meliputi Layanan Transaksi, Lalu Lintas, Konstruksi dan Tempat Istirahat.

”Secara umum kami melakukan penyiagaan di seluruh ruas tol yang berada di bawah koordinasi Jasamarga Metropolitan Tollroad, diantaranya melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan di Gerbang Tol, menghentikan pekerjaan konstruksi di jalan tol saat periode Nataru,” kata Bagus.

Selain itu pihaknya juga menyiagakan rambu-rambu lalulintas dan memastikan keberfungsiannya, menyiagakan petugas 24 jam untuk rekayasa atau penanganan lalu lintas, melakukan tindakan pencegahan untuk antisipasi genangan atau longsor.

“Kami juga berkoordinasi dengan stakeholder terkait dan memastikan keberfungsian semua unit pendukung seperti CCTV, VMS, RTMS dan radio komunikasi,” lanjutnya.

Bagus juga menambahkan bahwa segala aktivitas yang dilakukan oleh petugas di lapangan, baik yang di jalur maupun di rest area, harus tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19 guna mewujudkan kenyamanan dan keselamatan petugas maupun pengguna jalan.

Baca juga:  Hardjuno Wiwoho: Jangan Cari Panggung di Covid-19, Stop Pencitraan

Guna mendukung pelayanan operasional, General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Tri Wahyu Subekti, menyampaikan bahwa upaya peningkatan layanan juga dilakukan di Jalan Tol Jagorawi, dimana jalan tol tersebut masih menjadi jalur favorit pengguna jalan yang akan menuju ke Puncak/Bogor dan daerah wisata di sekitarnya.

“Kami telah mengidentifikasi titik-titik yang berpotensi terjadi kepadatan, untuk itu kami memastikan tidak terdapat gangguan di lajur yang berdampak menambah kepadatan. Jasamarga Metropolitan Tollroad juga terus berkoordinasi dengan Patroli Jalan Raya (PJR) dan Kepolisian wilayah, untuk diskresi rekayasa lalulintas jika dibutuhkan,” ujar Tri.

Pada Ruas Tol Dalam Kota (Cawang – Tomang – Pluit), Ruas Jakarta-Tangerang, dan Ruas Prof. DR. Ir. Soedijatmo, General Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad Nasrullah, menjelaskan terkait dengan kesiapan 3 aspek pemenuhan fungsi utama jalan tol meliputi aspek kelancaran, keselamatan dan kenyamanan.

Guna mendukung aspek tersebut, Jasamarga Metropolitan Tollroad melakukan upaya-upaya seperti pengunaan mobile reader untuk memastikan kelancaran dan menggurangi antrean di gerbang tol, pemeliharaan peralatan tol dan pemenuhan armada lalu lintas. Sementara pada aspek keselamatan dilakukan pengecatan marka jalan tol, pemeliharaan rambu lalu lintas dan pemeliharaan pagar rumija tol, dan pada aspek kenyamanan dilakukan pekerjaan pemeliharaan periodik dan perkerasan, pemeliharaan kebersihan saluran dan tanaman.

Baca juga:  ASN dan PPT Non-ASN Wajib Lakukan Pemutakhiran Data Mulai Juli

Sebagai langkah antisipasi peningkatan lalulintas yang menuju ke Bandung dan sekitarnya pada libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, General Manager Representative Office 3 Jasamarga Matropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto menyampaikan bahwa telah menyiagakan Mobile Reader sebanyak 44 buah. Mobile Reader ini tersebar di seluruh Gerbang Tol (GT) di Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi.

“Ada penyediaan layanan top-up mobile E-Toll pada GT Pasteur dan Cileunyi,” sambung dia.

Thomas juga menambahkan bahwa selama pandemic Covid-19, Jasamarga Metropolitan secara konsisten selalu memastikan layanan di Tempat Istirahat seperti mushola, toilet, parkir, restoran memenuhi protokol penanganan Covid-19 (pemeriksaan suhu tubuh, menjaga jarak dan penggunaan masker), penyemprotan disinfektan secara berkala, melakukan pembatasan parkir kendaraan, menyiapkan ruang khusus/isolasi, dan memastikan TIP sudah memiliki barcode check in check out Peduli Lindungi di TIP dan tenant. (sng)

Berita Terbaru