Rabu, November 30, 2022

Pemuda yang Berkarya untuk Masa Depan (Kita) Bangsa

Oleh: Badri Tamami
Pegiat Literasi Digital Nusantara

PERINGATAN Hari Sumpah Pemuda dilaksanakan setiap tahunnya pada tanggal 28 oktober, yang memberikan inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk memiliki semangat juang bagi kemajuan dan kemakmuran bangsa. Juga menjadi momentum bersejarah yang penuh makna, peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

Adapun tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Pemuda adalah agent of change. Merefleksikan Sumpah Pemuda, tentunya tak lepas dari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia untuk membebaskan diri dari belenggu kolonialisme, juga memuat pelajaran moral yang sangat berharga.

Baca juga:  Sejarah Singkat Lahirnya Sumpah Pemuda

Semangat persatuan dalam membangun bangsa yang digaungkan para pejuang kemerdekaan di medan pertempuran, seharusnya menjadi pemicu semangat perjuangan generasi muda untuk masa depan bangsa. Khususnya bagi generasi muda untuk tampil sebagai pahlawan milenial, yang berbakti bagi nusa dan bangsa.

Momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita sebagai generasi muda bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, kultur, suku, ras dan agama, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sebab peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Baca juga:  Jokowi: Sumpah dan Tekad 93 Tahun Lalu Masih Menggema

Pemuda saat ini menjadi bahan perbincangan di semua kalangan masyarakat, yang mana berkaitan dengan perannya sebagai generasi penerus bangsa. Pemuda juga digambarkan sebagai seseorang yang memiliki semangat tinggi, bertenaga dan berintelektual. Peran pemuda untuk perjuangan kemerdekaan tidak hanya berhenti sampai diikrarkannya sumpah pemuda.

Berita Terbaru