Rabu, November 30, 2022

Peringati (Hari Pahlawan) Negeri, Bagimu Jiwa Raga Kami

Oleh: Badri Tamami
Pegiat Literasi Digital Nusantara

HARI Pahlawan diperingati setiap tanggal tanggal 10 November setiap tahunnya, dengan tujuan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Perlu diketahui, Hari Pahlawan diperingati berdasarkan momen bersejarah perjuangan pahlawan Indonesia di Surabaya pada tahun 1945. Tak hanya itu, pertempuran Surabaya juga menjadi salah satu pertempuran terbesar dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia.

Baca juga:  Selamat Hari Pahlawan, Kyai Haji Noer Ali

Hari Pahlawan memiliki latar belakang sejarah yang amat mendalam bagi perjuangan bangsa dan rakyat Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan. Adapun tema peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun ini. Tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 ini adalah “Pahlawanku Teladan”.

Tanpa pahlawan, kita semua adalah orang biasa dan tidak tahu seberapa jauh kita bisa melangkah. Sesuai tema Hari Pahlawan 2022, momentum nasional itu diperingati untuk meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:  Sah! Jokowi Berikan Gelar Pahlawan Nasional Kepada Lima Tokoh Ini

Sebab pemeran utama yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia tidak hanya Soekarno dan Hatta saja. Masih banyak tokoh lain dan masyarakat yang turut berjuang dan rela berkorban untuk bangsa.

Berita Terbaru