Minggu, Januari 29, 2023

Buka Pelatihan, Ganjar Sampaikan Hal Ini

Suarapena.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuka kegiatan pelatihan tenaga kerja konstruksi yang berkolaborasi dengan PT Waskita Karya di BLK 1 Jawa Tengah, Jumat (18/11/2022).

Ada sekitar 50 pekerja terampil dan 70 pekerja untuk desain interior, dari pekerja konstruksi yang berpengalaman dan juga mahasiswa mengikuti pelatihan tersebut.

“Ini kesempatan pendek yang bisa digunakan, baik yang sudah bekerja maupun yang belum. Tentu pelatihan ini untuk menambah kapasitas diri lagi,” ujar Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga mendorong agar pelatihan dan sertifikasi seperti ini kedepannya bisa lebih ditingkatkan.

Pasalnya, saat dirinya turun ke lapangan masih sering menemukan konstruksi bangunan yang asal-asalan dan pengerjaan tidak maksimal.

Baca juga:  UMP Jateng 2023 Naik 8,01 persen jadi Rp1,9 juta

Oleh karena itu, dia mengapresiasi atas digelarnya pelatihan ini guna meningkatkan kualitas tenaga kerja dan mutu konstruksi bangunan.

“Harapan saya mereka sadar betul bahwa untuk membangun konstruksi, interior dan seluruh pekerjaan itu mesti the best.

Kalau bisa the best, maka kamu akan diakui kualitasmu bagus. Kalau kualitasmu bagus, kamu akan dibayar mahal dan kemudian pekerjaan kita awet,” kata Ganjar.

Ganjar juga mengatakan, untuk setiap konstruksi pembangunan infrastruktur maupun sarana dan prasarana yang menggunakan anggaran daerah, pengerjaannya harus rapi, mampu tahan lama, dan harus menggunakan material yang sesuai standar.

Baca juga:  Gubernur Jateng Bawa Pulang Dua Penghargaan dari Baznas

“Jika suatu pengerjaan konstruksi bangunan dilakukan oleh tenaga kerja yang terampil, berkompeten dan mumpuni, maka hasilnya tidak akan mengecewakan, dan tentunya masyarakat pun akan puas atas fasilitas yang diberikan,” tutur Ganjar.

“Inilah kesempatan-kesempatan yang kita bisa berikan kepada kawan-kawan. Tidak hanya cerita bagaimana teknis pelatihannya, tapi mereka saya ingatkan betul, tantangan global kita itu SDM berkualitas, bukan yang ledha ledhe. Bukan yang hanya bisanya bengok-bengok, tapi bisa membangun integritas juga,” lanjutnya. (Sp/Pr)

Berita Terbaru