Rabu, November 30, 2022

Gempa Cianjur Akibatkan Sejumlah Rumah dan Gedung Rusak

Suarapena.com, JAKARTA – Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 yang melanda wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) menyebabkan rumah dan gedung rusak bahkan roboh.

Gempa yang dirasakan selama beberapa menit itu membuat warga panik dan lari berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri.

Dalam video yang beredar di WhatsApp grup (WAG), terlihat sejumlah warga menjadi korban dalam peristiwa itu. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Tampak terlihat juga seorang Ibu rumah tangga yang kepalanya tertimpa reruntuhan bangunan dan menyebabkan bocor. Ada pula anak-anak kecil mengalami hal yang sama.

Baca juga:  Gempa Cianjur, Puan: Korban Luka-Luka Segera Ditangani

“Korban dari anak-anak dan orang dewasa yang cidera,” ucap seseorang yang merekam video tersebut.

Sebagian besar warga saat ini masih berada di luar ruangan dan mencari tempat yang aman lantaran khawatir ada gempa susulan.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti berapa total korban jiwa akibat peristiwa ini.

Diketahui, Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 SR melanda wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Baca juga:  BMKG: Warga dapat Kembali ke Rumah dengan Catatan

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi pukul 13.21 WIB.

Pusat gempa bumi itu berada di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur, sekira 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, pada kedalaman 10 km.

Gempa yang getarannya dirasakan hingga wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi itu menurut BMKG tidak berpotensi menimbulkan tsunami. (Bo/Sp)

Berita Terbaru