Rabu, November 30, 2022

Anjing Pelacak Polri Endus Korban yang Tertimbun Longsor Cianjur

Suarapena.com, CIANJUR – Tim K9 SAR Ditpolsatwa Polri mengerahkan 10 anjing pelacak atau K9 untuk mencari korban hilang akibat gempa dan longsor Cianjur, Jawa Barat.

Sejak (23/11/2022) kemarin, dikerahkan 27 personel gabungan dengan 10 ekor K9.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasety menyampaikan, salah satu anjing pelacak menemukan satu titik yang terindikasi adanya korban tertimbun tanah longsor di Desa Cideli, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Satwa K9 Ari dengan pawang Bripda Debi, berhasil menemukan satu titik sumber bau yang diperkirakan terdapatnya korban,” kata Dedi dalam keterangan resminya, Kamis (24/11/2022).

Baca juga:  Jalur Cipanas Tertutup Longsor, Lalin Dialihkan Sementara

Dedi menjelaskan, titik tersebut belum dapat ditindaklanjuti lantaran pada kemarin sore cuaca hujan deras terjadi.

Sehingga, tidak aman untuk dilakukan pelacakan lanjutan maupun evakuasi korban.

“Hari ini tim gabungan melanjutkan proses tersebut, dan akan terus berkoordinasi untuk mengevakuasi korban yang diduga ada di titik itu,” ucap Dedi.

Baca juga:  Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur Akan Dibangun Kembali

Untuk diketahui, saat ini kondisi di wilayah Cianjur mengalami intensitas hujan yang tinggi. Faktor cuaca memang menentukan proses evakuasi korban. Terlebih, masih ada desa yang terisolir karena akses jalan yang terputus.

Berdasarkan data BNPB pada Rabu (23/11/2022), tercatat jumlah korban hilang 40 orang. Kemudian, pengungsi telah mencapai 61.908 orang.

Sementara jumlah korban meninggal dunia sebanyak 271 orang. Lalu korban luka akibat gempa Cianjur mencapai 2.043 orang. (Bo/Dir/Pr)

Berita Terbaru