Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
502 Sertifikat Tanah Wakaf Dibagikan ke Masyarakat

Home / Suara Jabar

Selasa, 26 April 2022 - 04:55 WIB

502 Sertifikat Tanah Wakaf Dibagikan ke Masyarakat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah)

SUARAPENA.COM – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan 502 sertifikat tanah wakaf kepada masyarakat yang tersebar di kabupaten atau kota di Jawa Barat.

Tanah wakaf yang disertifikatkan kebanyakan digunakan untuk masjid, tanah makam, pesantren maupun akses peribadatan umat Muslim.

Gubernur menyerahkan sertifkat tanah wakaf bersamaan dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang menyerahkan 3.152 sertifikat tanah wakaf di seluruh Indonesia. 

“Hari ini penyerahan simbolis oleh Bapak Wakil Presiden, dilanjutkan oleh kami di daerah agar semua aset tanah nonpribadi yang sifatnya umum yang berasal dari wakaf ini ada sertifikatnya,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil belum lama ini, Selasa (26/4/2022).

Baca juga:  Seleksi CPNS 2021 Telah Resmi Dibuka Mulai Hari Ini

Ada beberapa daerah di Jawa Barat yang mendapatkan sertifikat tanah wakaf ini. Diangaranya Kabupaten Subang sebanyak 176 sertifikat, Kabupaten Tasikmalaya 117 sertifikat, Kabupaten Sukabumi 33 sertifikat, Kota Bekasi 26 sertifikat, Kota Depok dan Kabupaten Karawang masing-masing 18 sertifikat, serta sisanya daerah lain.

Baca juga:  Dipadati Pengunjung, Gerai Jakcloth Galaxy Ditutup Sementara

Kang Emil mengapresiasi kinerja Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kantor Wilayah Jawa Barat yang dalam tempo kurang dari setahun berhasil menerbitkan 1.500 sertifikat tanah.

Gubernur berharap ada percepatan karena masih ada 100 ribuan tanah yang belum tersertifikasi di Jawa Barat.

“Jawa Barat sendiri sampai April ini sudah ada 1.500-an sertifikat yang sudah diterbitkan. Tolong terus ditingkatkan karena masih ada lebih 100 ribu belum tersertifikat,” kata Kang Emil.

Baca juga:  KIM Pemuda Pancasila Berbagi Takjil kepada Pengendara dan Ojol

Pemerintah pusat terus berkomitmen memberikan kepastian hukum hak atas tanah di seluruh Indonesia, yaitu dengan mendaftarkan serta menyertfikatkan tanah-tanah milik masyarakat tanpa terkecuali.

Dalam hal ini, Pemerintah juga mempercepat menyertifikatkan  tanah wakaf untuk masjid, tanah makam, pesantren maupun akses peribadatan umat muslim. 

Meski begitu, peruntukan tanah wakaf tak terbatas pada kegiatan peribadatan umat muslim saja. Tetapi dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional secara umum. (Bo/Hms/cr03)

Share :

Baca Juga

Olahraga

Turnamen Bola Voli Putri Basinda Cup Ciamis Resmi Dibuka

Olahraga

Jamu Bintang Timur FC, PCB Persipasi Menang Telak 6-0
Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI)

Ekbis

Ipemi Jadi Representasi Emansipasi Wanita, Kartini Masa Kini

Ekbis

Sambut Imlek 2573 dan Valentine, HARRIS Hotel Siapkan Promo Menarik

Suara Jabar

Usai Direvitalisasi, Situ Ciburuy Diresmikan Kang Emil

Suara Jabar

Ecovillage dan Desa Wisata Segera Direalisasikan di Cibitung
Suasana di Pasar Ikan Selo Penganten yang berada di Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Kamis (1/4/2021).

Ekbis

Pembukaan Pasar Ikan Selo Diharapkan Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat
Foto: Istimewa

Suara Jabar

Amankan Arus Mudik, Delapan Pos Pantau Didirikan di Kota Bekasi