Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
Ada Dugaan Penggelembungan Anggaran Kontingen Porprov Tanjabbar

Home / Olahraga / Pemerintahan / Suara Jambi

Rabu, 12 Desember 2018 - 10:43 WIB

Ada Dugaan Penggelembungan Anggaran Kontingen Porprov Tanjabbar

SUARAPENA.COM – Partisipasi Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) pada pelaksanaan Porprov tingkat Provinsi Jambi tahun 2018 menuai polemik.

Meski disokong dengan anggraran yang melimpah ruah dengan total pagu Rp 7 Milyar, nyatanya kontingen atlet belum bisa menunjukan hasil prestasi yang maksimal dengan hanya menempati urutan ke 7.

Informasi dihimpun, selama perhelatan, berulang kali muncul permasalahan – permasalahan kecil yang dinilai mempengaruhi turunya mental para atlet mulai dari teknis hingga mobilisasi atlet ke lokasi pertandingan yang tersendat.

Bahkan, muncul dugaan adanya penggelembungan anggaran beberapa item selama kegiatan digelar.

Salah satunya pembayaran honor atau insentif pengawas bagi 28 cabor kini mulai di soal. Pasalnya, hampir seluruh pengawas cabor bibanyarkan selama 18 hari.

Baca juga:  KPU Umumkan DCS Anggota DPRD Tanjab Barat Pemilu 2019

Padahal, seperti kita ketahui perhelatan Porprov Jambi dilaksanakan dalam waktu 8 hari, kecuali cabor sepak bola yang membutuhkan waktu 17 hari. Namun ironisnya, pembayaran honor semua pengawas cabor dibayar kali 18 hari, sehingga menimbulkan tanda tanya.

Anehnya lagi, beberapa cabor bisa diawasi oleh satu pengawas yang ditunjuk langsung oleh Disparpora Tanjab Barat.

“Kenapa honor pengawas cabor dibayarkan sama rata sampai 18 hari. Padahal ada banyak cabor yang hanya berlaga 2 sampai 3 hari. Seolah-olah memanfaatkan kegiatan porprov untuk mendapatkan honor,” tanya salah satu sumber yang enggan disebut namanya.

Sayangnya sekretaris Disparpora Tanjab Barat, Hayani enggan berkomentar saat dimintai keterangan masalah ini. Ia hanya menyebut jika bukan tupoksinya untuk menjelaskan hal itu ke awak media.

“Itu bidang yang tau persis teknisnya, kami hanya mencairkan angaran,” ujarnya singkat.

Sedangkan Bendaharawan Disparpora Tanjabbar, Nia membenarkan jika pembayaran honor semua pengawas cabor dibayarkan kali 18 hari kegiatan. Dalam sehari pengawas mendapat honor sebesar Rp 270 ribu sehari.

Baca juga:  Tuntaskan Persoalan Sampah, Rahmat Effendi Temui Anies Baswedan

“Ia honor pengawas sama dengan honor atlet, tapi semua pengawas dibayarkan kali 18 hari kegiatan,” katanya saat dijumpai awak media di ruang kerjanya.

Dia juga menjelaskan, untuk jumlah anggaran yang sudah diserap untuk kegiatan Porpov belum bisa di jelaskan dengan alasan belum di rekap. Namun saat ini disparpora sudah menyalurkan bonus atlit berprestasi sebesar Rp 1 miliar lebih.

“Hari ini kami meyalurkan honor atlit berprestasi, dan untuk honor  Menejer pelati Rp 300 ribu perhari, asisten atlit Rp 270 ribu, Opisial Rp 220 Ribu, ” ungkapnya.

Baca juga:  Lembaga Kursus Siapkan SDM Profesional dan Mampu Bersaing

Sayangnya, Ia enggan menjelaskan secara terperinci alasan honor pengawas dibayar kali 18 hari padahal pengawas cabor bekerja hanya delapan hari bahkan kurang dari satu pekan.

“Kalau masalah teknis,silahkan konfirmasi ke bidangnya untuk lebih jelas. Kami hanya sebatas mencairkan anggaran atas dasar SPJ dari bidang,” tandasnya.

Sementara PPTK kegiatan, Suwarno membenarkan adanya pembayaran honor pengawas cabor dengan alasan sudah sesuai DPA kegiatan.

“Memang semuanya dibayar 18 hari, sesuai DPA. Itu termasuk hitungan sebelum pelaksanaan Porprov di Jambi,” ujarnya singkat saat dihubungi via ponselnya.

Selain pendanaan pengawas, diduga masih ada kejanggalan penggelembungan item lainnya diantaranya pembuatan seragam kontingen. (bin)

Share :

Baca Juga

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

News

Jelang Perhelatan MotoGP, Menhub Pastikan Ketersediaan Transportasi

Pemerintahan

Tri Rismaharini Kukuhkan Pengurus Nasional Karang Taruna
Oktober 2017, Stasiun Bekasi Timur Mulai Beroperasi

Headline

Oktober 2017, Stasiun Bekasi Timur Mulai Beroperasi

Pemerintahan

Menaker Launching Layanan Pengesahan PP dan PKB secara Daring
sertifikat kompetensi

Headline

Jokowi Serahkan Sertifikat Kompetensi bagi 3.000 Peserta Magang
UPT Pengolahan Persampahan Wilayah IV Santuni Yatim Piatu

Pemerintahan

UPT Pengolahan Persampahan Wilayah IV Santuni Yatim Piatu
Bhayangkara FC Menang, Madura United

Olahraga

Jelang Akhir Persiapan, The Guardian Agendakan 3 Laga Uji Coba
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo.

Pemerintahan

Soal Pekerja Migran, Jokowi Perintahkan Optimalisasi Peran TNI dan Polri