News

Bangsa yang Besar Harus Menghargai Jasa Sultan Hasanuddin

SUARAPENA.COM -Mengenal sejarah dan meneladani pahlawan seperti Sultan Hasanuddin memang harus dilakukan oleh generasi penerus bangsa ini. 

Apalagi, Indonesia memiliki banyak sosok pahlawan dalam perjuangan melawan penjajah. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PWNU DKI Jakarta, dan Staff Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat, Faruq Hamdi, Sabtu (4/2/2017).

Dia mengungkapkan,  sebagai salah satu cara untuk menghormati dan mengenang jasa pahlawan,  dia baru saja melakukan ziarah ke makam Sultan Hasanuddin.  Baginya sosok tersebut merupakan pahlawan nasional sekaligus Raja Gowa, yang patut dicontoh rasa cintanya kepada tanah air Indonesia.

“Adagium bilang, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya,” kata pria yang akrab dengan sapaan Gus Faruq.

Perjalanan ziarah ke makam para wali yang biasa dia lakukan, termasuk ziarah ke makam Sultan Hasanuddin bersama kakak dan dua keponakannya kali ini juga sekaligus menjadi momen silaturahmi.

“Sekalian silaturahmi ke keluarga umi yang juga masih keturunan Sultan Hasanuddin,” ungkapnya.

Selain berziarah ke makam pahlawan yang memiliki julukan Ayam Jantan Dari Timur,  doa dan ziarah juga dilakukan di makam Syekh Yusuf Al Makassari. Dimana sosok Syekh Yusuf menjadi tokoh agama yang juga sangat berpengaruh di lingkungan Kerajaan Gowa saat itu. (sng)

Tags
Show More

One Comment

Back to top button
Close
Close