Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
Baznas Tetapkan Zakat Fitrah Tahun Ini Sebesar Rp45 Ribu, Atau...

Home / Kultural

Selasa, 5 April 2022 - 22:51 WIB

Baznas Tetapkan Zakat Fitrah Tahun Ini Sebesar Rp45 Ribu, Atau…

SUARAPENA.COM – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi telah menetapkan besaran zakat fitrah tahun ini sebesar Rp 45 ribu atau setara dengan 3,5 liter beras.

Penetapan besaran zakat fitrah tersebut mengikuti besaran zakat fitrah yang telah ditetapkan Baznas Pusat.

“Ya kita mengikuti besaran zakat fitrah yang telah ditetapkan Baznas Provinsi dan Pusat yakni Rp 45 ribu atau setara 3,5 liter beras dengan kualitas bagus,” ujar Ketua Baznas Kabupaten Bekasi, Samsul Bahri pada Selasa (05/04/22).

Baca juga:  Kejari Cikarang Musnahkan Barang Bukti 339 Perkara Tahun 2021

Samsul Bahri menjelaskan, Baznas sudah menyebarkan surat ajakan kepada ASN Kabupaten Bekasi untuk memberikan zakat fitrahnya melalui Baznas Kabupaten Bekasi. Bahkan, surat ajakan membayar zakat fitrah juga sudah mendapatkan persetujuan dari Plt Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki.

“Ya sudah kami kirim ke dinas masing-masing, surat ajakan membayar zakat fitrah melalui Baznas, bahkan disitu juga dilampirkan surat imbauan dari Plt Bupati juga,” jelas Samsul Bahri.

Baca juga:  Sri Mulyani Tegaskan Anggaran IKN Sejalan dengan Konsolidasi Fiskal

Wakil Ketua 1 Baznas Kabupaten Bekasi, Abdul Azis menambahkan, sampai saat ini Baznas telah membentuk 230 Unit Pengelola Zakat (UPZ) yang berada di setiap masjid. Nantinya, UPZ ini siap menerima pembayaran zakat fitrah dari masyarakat sekitar masjid.

“UPZ ini juga bisa menerima dan menyalurkan zakat fitrah tersebut dari masyarakat kepada mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

Abdul Azis menjelaskan, Baznas Kabupaten Bekasi juga akan berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan untuk menyalurkan zakat fitrah tersebut.

Baca juga:  Sejumlah Tokoh Apresiasi Film BABE dari Leiden ke Bekasi

“Ya Baznas juga mengelola zakat dari ASN, nah zakatnya itu akan kita salurkan ke kecamatan, kita akan data masyarakat mana saja yang pantas untuk menerima zakat fitrah, itu akan kita salurkan,” jelasnya.

Azis menyebutkan, Baznas Kabupaten Bekasi saat ini terus melakukan sosialisasi zakat fitrah ke setiap UPZ dan menggandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bekasi. (sng/hms)

Share :

Baca Juga

Headline

Jadikan Maulid Nabi Sebagai Semangat Bersatunya Umat Islam

Kultural

Candi Kedaton Muaro Jambi, Peradaban yang Perlu Dilestarikan
sedekah laut

Kultural

Meriah, Sedekah Laut Pantai Teluk Penyu Cilacap Disaksikan Ribuan Orang
Taman Surga Orang Mati

Headline

Ini Letak Taman Surga Orang Mati di Kabupaten Bogor
Milad Kelima Ormas Jarum Wujudkan Simbol Manfaat dan Silaturrahmi

Headline

Milad Kelima Ormas Jarum Wujudkan Simbol Manfaat dan Silaturrahmi

Kultural

Slankers Bekasi Kota Siap Dukung Program Pemerintah
Novel Said FBR Jangan Petantang Petenteng Doang

Headline

Novel Said: FBR Jangan Petantang Petenteng Doang

Headline

Malam Puisi Bekasi, Rekonsiliasi Dalam Tubuh Mei