Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
Beli Migor Pakai PeduliLindungi, DPR: Jangan Sampai Menyulitkan Rakyat

Home / Parlemen & Politik

Selasa, 28 Juni 2022 - 12:11 WIB

Beli Migor Pakai PeduliLindungi, DPR: Jangan Sampai Menyulitkan Rakyat

SUARAPENA.COM – Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah agar ketentuan pembelian minyak goreng (Migor) curah dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi jangan sampai menyulitkan rakyat.

Ia mengatakan bahwa, pembeli minyak goreng curah di pasar maupun warung kebanyakan adalah kalangan yang sehari-harinya tak terbiasa menggunakan teknologi informasi.

“Perlu diperhatikan, jangan sampai kebijakan menyulitkan rakyat. Khususnya bagi masyarakat yang tidak memiliki smartphone untuk mengakses aplikasi PeduliLindungi,” ucap Puan dalam siaran persnya, Selasa (28/6/2022).

Baca juga:  Tiga Hari Jadi Plt Wali Kota, Mas Tri Jadi Kanjeng Raden Tumenggung

Perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR itu pun memahami, penggunaan aplikasi PeduliLindungi dimaksudkan agar pemerintah dapat mengecek distribusi minyak goreng secara real time sebagai antisipasi penyelewengan yang menyebabkan kelangkaan.

Namun, ia menilai sosialisasi tak bisa hanya sekadar mengandalkan teknologi informasi saja. sosialisasi harus dilakukan secara masif hingga pelosok daerah Tanah Air.

Baca juga:  Yatim Piatu Gratis Nyantri di Ponpes Taubatan Nasuha An-Nahdliyah

“Harus ada pendekatan langsung ke masyarakat, ke pedagang, agar mereka benar-benar memahami transisi sistem pembelian minyak goreng,” jelas Puan.

Di sisi lain, mantan Menko PMK tersebut pun mengingatkan agar pengawasan dilakukan secara seksama. Jangan sampai ketentuan ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang ingin mencari keuntungan.

“Harus dihindari munculnya tindak kecurangan atau oknum calo yang memanfaatkan kesulitan pembeli yang tidak bisa mengakses aplikasi PeduliLindungi dengan meminta tambahan harga. Tentu pengawasan harus dibantu dari tim Satgas Pangan Polri,” ucap Politisi PDI Perjuangan.

Baca juga:  Mitra Kerja Tak Komit, Fraksi PKS Walkout

Sebagi informasi, pemerintah telah memulai transisi perubahan sistem penjualan dan pembelian minyak goreng curah bagi masyarakat.

Pembelian minyak goreng curah ini nantinya harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau NIK (Nomor Induk Kependudukan). Masa sosialisasi kebijakan ini berlangsung selama dua minggu ke depan. (Ms/cr02)

Share :

Baca Juga

Lucky Hakim

Headline

Lucky Hakim Digadang Jadi Calon Kuat Pendamping Mochtar Mohamad
baksi sosial

Parlemen & Politik

Peringati Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah, Gus Shol Helat Bakti Sosial

Parlemen & Politik

Sulit Buktikan Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Tanjab Barat Ajak Masyarakat Parsitipatif
Sholihin

Parlemen & Politik

Sholihin Dorong Penyusunan Perda Nilai Kebangsaan NKRI
Kartu Kuning Jokowi. Ilustrasi

Headline

Ibarat Sepakbola, Pemain Hebat Dunia Dapat Kartu Kuning Itu Biasa
kirab kebangsaan

Headline

Kirab Kebangsaan Besok, TMP Kota Bekasi Gandeng 15.000 Peserta
Kartini Perindo, Wulandari Palupi

Parlemen & Politik

Berbagi Kebahagiaan, Kartini Perindo Bagikan 300 Beras Murah di Bekasi

Headline

Temui Habib Rizied, Nur Supriyanto Diberikan Amanah Ini