Suara Jambi

Bupati Safrial Minta OPD Kejar Target Serapan PAD

SUARAPENA.COM – Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS menegaskan pentingnya menjaga liquiditas keuangan daerah. Selain itu, Safrial juga meminta OPD untuk berupaya meningkatan indikator makro pembangunan guna menambah serapan penerimaan daerah melalui PAD.

Hal ini disampaikan Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr Ir H Safrial MS saat memimpin upacara gabungan ASN bersama TNI, Polri, pagi Selasa (17/3). Menurutnya, indikator Makro mengalami peningkatan dari tahun ke tahun baik segi ekonomi maupun sosial.

Bupati juga ingatkan, dalam pengelolaan pembangunan senantiasa mengupayakan terjaganya tingkat likuiditas keuangan daerah agar setiap kebutuhan pembiayaan pembangunan dapat dipenuhi secara optimal.

Dalam kesempatan yang sama Bupati menegaskankan kepada para kepala OPD yang tugas pokoknya berkaitan dengan pengelolaan pajak daerah, retribusi daerah maupun pendapatan asli daerah yang sah agar selalu berinovasi untuk meningkatkan capaian penerimaan capaian pendapatan daerah.

“Kita harus berupaya meningkatkan penerimaan penerimaan daerah yang bersumber dari pendapatan asli daerah,” tegas bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan walaupun saat ini ketergantungan pada pendanaan pusat masih besar dan dana bagi hasil migas belum menunjukkan perbaikan yang berarti,karena selama tiga tahun terakhir realisasi harga minyak masih rendah dibandingkan dengan ketetapan dalam asumsi makro APBN Setiap tahunnya.

Bupati juga mengingatkan setiap stakeholder terkait agar melakukan langkah – langkah percepatan dalam melaksanakan kegiatan tahun 2020. Langkah ini dinilai dapat menghasilkan produk pembangunan yang akan menghasilkan peluang dan pasar kerja yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Usai kegiatan, Bupati didampingi Wakil Bupati dan Pejabat lainnya senyerahkan bantuan sarana usaha perdagangan dari Kementrian Perdagangan RI. Bantuan yang diserahkan diantaranya, 2 unit gerai souvenir untuk Dekranasda Tanjab Barat, 20 unit Cool Box untuk Pedagang pasar Tanggo Rajo, Rombong Motor sebanyak 10 unit untuk pedagang keliling, dan 5 unit tenda untuk kegiatan perdagangan dan pasar.

Turut hadir mengikuti upacara, Wakil Bupati Tanjab Barat, Ketua DPRD, Dandim 0419/ Tanjab, Sekda, Kapolres, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Kepala OPD, para Kabag, Kabid dan peserta upacara merupakan gabungan TNI, POLRI, ASN dan TKK. (bin/hms)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close