Home / Suara Jabar

Senin, 19 Juli 2021 - 18:28 WIB

Cirebon Power Bagikan 52 Hewan Kurban Untuk Warga

SUARAPENA.COM – Perusahaan pembangkit listrik Cirebon Power, mendistribusikan 52 ekor hewan kurban untuk masyarakat sekitar dan pelayan masyarakat di sekitar perusahaan.

Head of Community Relation Cirebon Power, Anton Rahmadi mengatakan, 8 ekor sapi dan 44 ekor kambing akan dibagikan pada kelompok masyarakat yang membutuhkan, serta institusi pelayan masyarakat. Bahkan, untuk meneruskan kebiasaan peningkatan jumlah manfaat sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini, ada tambahan dua ekor kurban sapi, bagian dari kontribusi PT Toshiba Asia Pacific Indonesia (TAPI), salah satu kontraktor utama proyek pembangkit.

“Hewan kurban ini adalah hasil kolaborasi Cirebon Power, dengan kontraktor utama dan sub kontraktor seperti Hyundai, Toshiba dan NKE,” ujar Anton, Senin 19 Juli 2021.

Baca juga:  Sekarang SMK Negeri 1 Gunung Jati Jadi SMK Membangun Desa

Yang berbeda pada tahun sebelumnya, yaitu ditiadakannya seremonial penyerahan hewan kurban. Karena kondisi pandemi saat ini, penyerahan hewan kurban langsung didistribusikan ke desa dan tujuan masing-masing, agar tidak menimbulkan kerumunan.

Konsorsium pembangkit listrik inipun memanfaatkan momentum ini sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas ekonomi warga sekitar pembangkit, dengan cara menggelar lelang terbuka pengadaan hewan kurban, yang diikuti oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dan wirausahawan lokal.

“Ada tiga BUMDes dan dua supplier lokal yang ikut lelang terbuka, dan akhirnya BUMDes Waruduwur keluar sebagai pemenang,” ujar Anton.

Anton berharap, mekanisme lelang yang memprioritaskan peserta lelang dari wirausahawan lokal seperti ini dapat memberi manfaat lebih, dan sedikit banyak membawa dampak ekonomi bagi masyarakat.

Baca juga:  Rutin Dilakukan, Sebulan Tiga Kali Forkabi Santuni Anak Yatim dan Dhuafa

Sementara itu, Sakuma Yu, Site Engineer PT. Toshiba Asia Pacific Indonesia, mengatakan aksi berbagi pada masyarakat ini diharapkan dapat meringankan beban warga yang terdampak pandemi Covid19. Hal itu yang mendasari Langkah PT TAPI untuk memperbesar donasinya, dengan menambahkan dua ekor sapi, dan delapan kambing.

“Semoga bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam kondisi pandemi saat ini,” kata Sakuma.

Yadi, Kuwu Desa Waruduwur, mengucapkan terima kasih kepada Cirebon Power yang secara rutin memberikan hewan kurban untuk warga desanya. Menurut Yadi, pemberian hewan kurban ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama yang saat ini mengalami kesulitan ekonomi karena pandemi.

Baca juga:  Hattrick! Cirebon Power Kembali Raih Penghargaan Teladan Pajak

“Nanti daging korban ini bisa menjadi pelengkap bantuan sosial lainnya yang sudah diterima oleh masyarakat,” ujar Yadi.

Sedangkan Kuwu Desa Kanci, Sunaryo, menuturkan, pihaknya akan menggelar rapat untuk teknis penyembelihan dan distribusi hewan kurban bantuan dari Cirebon Power ini. Karena menurut Sunaryo, biasanya penyembelihan dan distribusi daging kurban, dipusatkan di masjid desa. Namun ia hawatir akan membuat kerumunan.

“Jadi nanti akan rapat dulu, kemungkinan distribusinya melalui RT masing-masing,” kata Sunaryo.

Bantuan hewan kurban dari Cirebon Power ini, menurutnya sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Kanci. Sunaryo juga menyampaikan apresiasi atas kepedulian Cirebon Power, dan berbagai program lainnya yang sudah bermanfaat bagi warganya. (Cha)

Share :

Baca Juga

Ismail Hasyim

Suara Jabar

Ismail Hasyim Dilantik Jadi Ketua Baznas Kota Bekasi Periode 2021-2026

Suara Jabar

Terapkan Teknologi, Pilkades Disini Manfaatkan Aplikasi Digital
Rumah kebakaran

News

Bu Mega Nyalakan Lilin Jadi Penyebab Kebakaran, Rugi Ratusan Juta
reklame diturunkan

Suara Jabar

PAD Pajak dan Retribusi Kecamatan Jatisampurna Capai Rp10,12 Miliar

Pendidikan

Mei Besok Disdik Jabar Siapkan Pekan Pengambilan Ijazah

Suara Jabar

Dewan Pakar Pemuda Pancasila Minta Semua Kader Peduli Lingkungan
Orang tua korban persetubuhan anak di bawah umur

Hukrim

Polisi Dalami Dugaan Kasus Persetubuhan Anak di Bawah Umur
Komando Inti Mahatidana (KIM) MPC Pemuda Pancasila Kota Bekasi

Suara Jabar

KIM Pemuda Pancasila Berbagi Takjil kepada Pengendara dan Ojol