Home / Lifestyle

Jumat, 4 Juni 2021 - 19:54 WIB

Desainer Athan Siahaan Ajak Milenial Cintai Wastra Nusantara

SUARAPENA.COM – Desainer kebanggaan Indonesia yang mendunia, Athan Siahaan mengajak kaum milenial mencintai Wastra Nusantara. Hal ini dituangkan dalam sebuah fashion show bertajuk “Wastra Nusantara” yang berlangsung di Bali belum lama ini.

“Pada kesempatan kali ini saya mengeluarkan koleksi baru yang dibuat dari bahan Wastra Tenun yang berasal dari seluruh Indonesia,” katanya.

Wastra Tenun yang dirajut dalam koleksi Athan diantaranya berasal dari Ulos Batak, Endek Bali, Tenun Ikat NTT, Ulap Doyo Kalimantan, Batik, hingga Songket.

Ia sendiri mengaku bersyukur, karena telah berhasil menggelar sejumlah fashion show di Pulau Dewata.

Baca juga:  Dedengkot Bagito Grup Bang Miing Ingin Terus Berkarya

Menurutnya, hal yang cukup unik pada kesempatan tersebut adalah ketika model yang beralan di atas catwalk adalah sejumlah pejabat penting. Ia menyebut Mantan Ibu Kapolda Jawa Barat, Ibu Kapolres Gianyar, dan  para Polwan dan Polisi telah berkolaborasi dalam fashion show yang ia gelar.

“Dan yang unik lagi dari segi produk adalah koleksi saya kali ini semua dibuat dengan teknik drapery tanpa jahitan, dan tanpa memotong kain,” ungkap Athan.

Diharapkan melalui sejumlah fashion show yang dilaksanakan di masa pandemi ini bisa meningkatkan taraf hidup para perajin tradisional di seluruh Indonesia.

Baca juga:  Sedang Terlelap Tertidur, Sepasang Suami Isteri Tewas Terbakar

“Oleh karena itulah saya mengajak kaum milenial untuk bangga memakai Wastra Nusantara sebagai identitas jiwa kebangsaan, serta untuk meningkatkan rasa nasionalisme. Jangan malu memakai Wastra Nusantara,” ajak dia.

Athan Siahaan menegaskan bahwa mengangkat kearifan lokal dan mengangkat Wastra nusantara sangat penting bagi sektor perekonomian Indonesia. Pasalnya, kata dia, hal ini dapat menyerap tenaga kerja serta kontribusi terhadap perekonomian nasional.

“Saya akan tetap berjuan untuk melestarikan Wastra Nusantara, dan akan tetap melakukan perjalanan untuk memperjuangkan Wastra yang sudah menjadi Jiwa saya,” tegasnya.

Baca juga:  Pecinta Vape Ramaikan 3rd Anniversary Therion DNA Bekasi

Dia menambahkan, apabila ingin melihat kekayaan Indonesia, maka lihatlah Wastra Nusantara dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Sejumlah fashion show sukses digelar dengan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi. Dengan perlengakapan seminimalis mungkin, fashion show berhasil digelar di sejumlah tempat seerti di Loby Kantor Polres Gianyar , Di Zebra Cross Gianyar tanpa mengganggu lalu lintas, dan di Puri Saraswati Gianyar. (sng)

Share :

Baca Juga

Headline

Bekraf Ingin Berkontribusi bagi Perkembangan Film Indonesia
Keluarga Tak Kasat Mata

Headline

Jangan Ketinggalan, Keluarga Tak Kasat Mata Hadir di Bioskop Mulai Hari Ini
Aries, Scorpio, Pisces Lagi Kompak Kenang Masa Lalu

Headline

Aries, Scorpio, Pisces Lagi Kompak Kenang Masa Lalu?
Slawi Ayu

Headline

Chapter Ke 32 Slawi Ayu – Tegal VLOC Indonesia Dideklarasikan
alat musik lokal - syukey instrument

Lifestyle

Produk Alat Musik Lokal Tidak Kalah Dengan Produk Impor
Star is Born BF3 Grandmet Mall Target Ikon Fashion di Bekasi

Headline

Star is Born BF3 Grandmet Mall Target Ikon Fashion di Bekasi
workshop penyuluhan sampah

Headline

Workshop Penyuluhan Sampah, KPA Cempala Gandeng Pegiat Lingkungan
Pisces Tidak Seperti Biasanya, Leo Perhatikan Kesehatan Paru-paru

Lifestyle

Zodiak Cinta Hari Ini, Pisces Penuh Gairah, Aries Tidak Puas