Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
DPR Tegaskan akan Komit Sahkan RUU TPKS

Home / News / Parlemen & Politik

Rabu, 5 Januari 2022 - 15:44 WIB

DPR Tegaskan akan Komit Sahkan RUU TPKS

Ketua DPR RI Puan Maharani

Ketua DPR RI Puan Maharani

SUARAPENA.COM – Menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu terkait percepatan pengesahan RUU TPKS, Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan komitmen DPR bersama-sama pemerintah akan segera mengesahkan RUU TPKS yang banyak diharapkan masyarakat.

Menurutnya, perlindungan terhadap korban kekerasan seksual, khususnya perempuan, sudah mendesak.

“Baleg DPR sudah merampungkan pembahasan RUU TPKS. Pengesahan RUU TPKS sebagai inisiatif DPR akan dilakukan dalam rapat paripurna setelah reses untuk kemudian kami kirimkan ke Pemerintah sehingga dapat ditindaklanjuti pada pembahasan tingkat II,” tutur Puan, Rabu (5/1/2022).

Baca juga:  Sepakat! Pemilu 2024 Digelar 14 Februari

Puan pun memastikan pihaknya akan segera mengesahkan RUU TPKS sebagai inisiatif DPR. Puan sendiri sudah berkali-kali menyatakan DPR siap bekerja cepat agar RUU TPKS bisa disahkan.

Politisi PDI Perjuangan itu pun menyambut langkah Presiden Jokowi yang telah meminta Gugus Tugas Pemerintah yang menangani RUU TPKS untuk menyiapkan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) terhadap draf RUU TPKS yang disiapkan oleh DPR. Puan berharap setiap mekanisme dapat berjalan dengan lancar.

“Respons positif Bapak Presiden ini kami harap agar ditindaklanjuti dengan dikirimkannya Surpres setelah nantinya RUU TPKS sah sebagai inisiatif DPR,” ucap Puan.

Baca juga:  973 Rutilahu di Pangandaran Diperbaiki Pemprov Jabar

Lebih lanjut, Puan memastikan siap bekerja optimal dalam pembahasan RUU TPKS bersama pemerintah kedepan.

Pihaknya meminta pemerintah memiliki komitmen yang sama dalam pelaksanaan pembahasan mengingat RUU TPKS sudah sangat dibutuhkan karena kasus-kasus kekerasan seksual di Indonesia sudah sangat memprihatinkan.

Legislator dapil Jawa Tengah V tersebut juga menyatakan bahwa kasus-kasus kekerasan seksual di Indonesia sudah sangat darurat.

Oleh karena itu, pihaknya meminta dukungan dari semua elemen bangsa terhadap RUU TPKS agar korban-korban kekerasan seksual dapat lebih mendapatkan jaminan perlindungan sosial dan hukum.

Baca juga:  Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Mahfudz Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan

“Kami berharap adanya pembahasan yang progresif dari perwakilan pemerintah bersama DPR, agar pengesahan RUU TPKS bisa kita kebut sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Hadirnya undang-undang yang berfokus pada korban kekerasan seksual mutlak dibutuhkan.

Dengan adanya UU TPKS nanti, kita harapkan kasus-kasus kekerasan seksual tak terjadi lagi, dan negara bisa memberikan perlindungan serta pelayanan terhadap warganya lebih maksimal khususnya kaum perempuan dan anak,” papar Puan. (Sng/Bo)

Share :

Baca Juga

arus balik, jasa marga

Headline

Prediksi Jasa Marga Arus Balik Libur Maulid Nabi Capai 92 Ribu Kendaraan
Tim Dokpol Polres Metro Bekasi melakukan tes urine para supir dan kondektur angkutan mudik di Terminal Induk Kota Bekasi, Rabu (21/6/2017). Foto: Sng/SUARAPENA.com

Headline

Polres Metro Bekasi Kota Lakukan Tes Urine Supir dan Kondektur Bus Mudik
TNI dan Rakyat

Headline

Jokowi: TNI dan Rakyat Seperti Air dan Ikan,Tak Bisa Dipisahkan
PKB Nilai Masih Ada Janji PAS yang Belum Ditepati

Parlemen & Politik

PKB Nilai Masih Ada Janji PAS yang Belum Ditepati

News

Banjir Dukungan Militan, Amir Sakib Siap Menang di Pemilukada 2020
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat membuka Muktamar ke-34 NU di Lampung Tengah, Rabu (22/12/2021).

News

Jokowi Tawari Generasi Muda NU Konsesi Pertanian hingga Minerba

News

Kecelakaan di Tol JORR Sebabkan Kemacetan 2 KM
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang

Parlemen & Politik

Komisi II DPR Bahas Konsep Hingga Anggaran Pilkada Serentak 2024