Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
Gubernur Jabar Kang Emil: Pileuleuyan Mang Oded

Home / News / Suara Jabar

Sabtu, 11 Desember 2021 - 05:37 WIB

Gubernur Jabar Kang Emil: Pileuleuyan Mang Oded

SUARAPENA.COM – Duka mendalam dirasakan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat mendengar kabar meninggalnya Wali Kota Bandung Oded M. Danial dalam usia 59 tahun di Masjid Raya Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung, Jumat (10/12/2021) siang.

Selepas melaksanakan salat Jumat di Gedung Sate, Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– langsung bertolak ke Pendopo Wali Kota Bandung, Kota Bandung, untuk menyalatkan dan memberikan penghormatan terakhir kepada Mang Oded –sapaan Wali Kota Bandung. Isak tangis pecah saat ambulans yang membawa jenazah tiba di Halaman Pendopo.

Baca juga:  Heboh, Tahanan Kasus Pencabulan Ditemukan Mengambang di Kali Bekasi

“Kami turut berduka. Atas nama Pemerintah Provinsi Jabar dan masyarakat Kota Bandung khususnya, kita sangat kehilangan atas berpulangnya almarhum,” ucap Kang Emil.

Kang Emil meyakini almarhum meninggal dalam keadaan husnul khatimah karena mengembuskan napas terakhirnya di waktu dan saat yang baik. Mang Oded dinyatakan meninggal dunia oleh dokter pukul 11.55 WIB. Sebelumnya, Mang Oded hendak menjadi khatib Salat Jumat di Masjid Raya Mujahidin.

“Almarhum meninggal di waktu dan saat yang baik,” ucap Kang Emil.

Baca juga:  Bu Mega Nyalakan Lilin Jadi Penyebab Kebakaran, Rugi Ratusan Juta

Kang Emil pun sempat mengenang kebersamaan dengan Mang Oded saat memimpin Kota Bandung pada 2013-2018. Di mata Kang Emil, almarhum seperti orang tua sendiri, sebab 90 persen kebersamaannya berisi nasihat-nasihat penting.

“Almarhum seperti orang tua bagi saya, jadi 90 persen kebersamaan dalam watawa saubil haq dan watawa saubis-sabr, banyak nasihat makanya Allah berikan kelancaran bagi kami,” ungkapnya.

Kang Emil menyebut Mang Oded sebagai sosok yang agamis dan berakhlak mulia. Ia pun meminta masyarakat untuk mendoakan kepergian almarhum agar diampuni hilap dan diterima iman Islamnya.

Baca juga:  Menkes Sampaikan Strategi Pemerintah dalam Tangani Varian Omicron

“Saya bersaksi almarhum adalah orang baik, soleh, berakhlak mulia, mudah-mudahan doa kami menerangi terangnya kubur almarhum, diampuni hilap dan dosanya, diterima iman Islamnya, keluarganya juga diberi ketabahan,” tuturnya.

Mang Oded lahir di Kabupaten Tasikmalaya 15 November 1962 menamatkan sekolah dasar hingga SMA di Tasikmalaya, kemudian menempuh bangku kuliah di Universitas Pasundan Bandung.

“Pileuleuyan Mang Oded,” ucap Kang Emil berurai air mata. (hms)

Share :

Baca Juga

Ketua Ikatan Mahasiswa Nusantara (IMAN) Usman Nazarudin

News

Diduga Jembatani Kasus Suap, IMAN Minta KPK Usut Wakil Ketua DPR

Kultural

Pengurus Daerah BKMM DMI Kabupaten Bekasi Dilantik
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo

Ekbis

Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung Resmi Diluncurkan

Headline

HLI dan Hipakad Dukung Kegiatan Bakti Sosial Kodam Jaya/Jayakarta
Komandan Sirkuit MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto (kiri) dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kanan) usai melakukan pertemuan membahas kesiapan event MotoGP Mandalika di Jakarta Pusat, Senin (27/12/2021).

News

Sukseskan Event MotoGP Mandalika, Menkominfo: Kami Siapkan Infrastruktur TIK

Suara Jabar

Direktur Bidang Usaha Perumda Tirta Patriot 2021-2026 Dilantik
pulang kampung

Headline

Pulang Kampung, Jokowi Bagi-bagi Sembako dan Sapa Warga Solo
bpjs kesehatan

Headline

Soal Pola Hidup Sehat, Ini Cara BPJS Kesehatan Berikan Sosialisasi