Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
Hari Ini Gerbang Tol Tambun Grand Wisata Uji Coba Sistem Ganjil Genap

Home / Headline / News

Kamis, 15 November 2018 - 01:44 WIB

Hari Ini Gerbang Tol Tambun Grand Wisata Uji Coba Sistem Ganjil Genap

Gerbang Tol Tambun Hari ini uji coba sistem ganjil genap. Foto: grandwisata.com

Gerbang Tol Tambun Hari ini uji coba sistem ganjil genap. Foto: grandwisata.com

SUARAPENA.COM – Mulai hari ini, Kamis (15/11/2018) Gerbang Tol Tambun Grand Wisata uji coba sistem ganjil genap. Gerbang tol yang berada ruas tol Jakarta – Cikampek di Kabupaten Bekasi ini sebagaimana perluasan kebijakan pemerintah sebelumnya menerapkan sistem ganjil genap di pintu tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas Jasa Marga Cabang Jakarta – Cikampek, Hendra Damanik mengatakan, pemberlakuan sistem ganjil genap di tol Tambun sebagai upaya untuk memecah kepadatan di jalan tol yang selama ini selalu terjadi hampir setiap hari.

“Jadi sistem ganjil genap ini diberlakukan mulai besok (Kamis),” kata Hendra Damanik, Rabu (14/11/2018). 

Dia mengungkapkan, pemberlakuan sistem ganjil-genap di Pintu Tol Tambun sama seperti pintu tol lainnya, yaitu dari pukul 06.00 hingga 09.00 WIB. Pembelakuan sistem ganjil-genap di  Tambun sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Pengaturan Lalu Lintas Selama Masa Pembangunan Proyek Infrastruktur Strategis Nasional Di Ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga:  Jelang Idul Adha 1442 H, Tol Jakarta Cikampek Terapkan Kebijakan Ini

“Pertama, mengoptimalkan regulasi yang sudah ada, yaitu PM 18/2018, sekarang sudah berlaku untuk di Pintu Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur, sekarang baru di Pintu Tol Tambun,” ujar Hendra Damanik.

Kendati demikian, kata dia, pihak Jasa Marga bersama Kemenhub dan kepolisian akan mulai melakukan sosialisasi di gerbang tol Tambun yang berada di Grand Wisata tersebut.

Kemenhub akan menyediakan sekitar 100 bus di pintu Tol Tambun untuk mengakomodasi masyarakat yang biasanya melewati tol tersebut dengan kendaraan pribadi. Rencananya, bus yang disiapkan tersebut adalah Transjabodetabek dan JR Connection.

“Jadi masyarakat bisa beralih ke moda tranportasi massal,” sambungnya.

Hendra menjelaskan, pemerintah menyiapkan dua opsi penanganan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Tol Jakarta – Cikampek akibat pembangunan Proyek Strategis Nasional seperti pembangunan tol layang (elevated), Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, dan light rail transit (LRT) Jabodebek yang saat ini masih berlangsung.

Baca juga:  Penyesuaian Tarif Jalan Tol Prof. Dr. Ir Soedijatmo Ditunda, Ini Alasannya

Berdasarkan catatan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTTJ), dengan perluasan ganjil genap di pintu Tol Tambun dan pintu tol lainya di ruas tol Jakarta – Cikampek, diharapkan akan berimbas pada peningkatan kecepatan ke arah Cikampek menjadi 60% dan V/C ratio turun sekitar 17%. Kemudian arah ke Jakarta V/C ratio akan turun 14%, dan kecepatan akan meningkat 26%.

Selain itu, kendaraan pribadi untuk memilih jalan alternatif yaitu Kalimalang pada pukul 21.00 WIB-05.00 WIB mengingat pada waktu tersebut kemacetan parah kerap terjadi di lalu lintas tol Jakarta-Cikampek. Dan kendaraan roda empat pribadi tidak memasuki pintul tol pada jam sama di pintu gerbang tol Cikarang Pusat, Cikarang Barat 1 dan 5, Cibatu, Cibitung 1 dan 2.

Baca juga:  Catat, Mulai 1 April Akses Keluar Rawa Bokor Jalan Tol Sedyatmo Ditutup

Kemudian Bekasi Timur 1 dan 2, Bekasi Barat 1 dan 2, Cikunir 1, 2, dan 3, Pondok Gede Timur 1 dan 2, serta Pondok Gede Barat 1 dan 2. Jika masyarakat mematuhinya, maka akan terjadi penurunan V/C ratio ke arah Cikampek sekitar 9%, dan peningkatan kecepatan 20%. Kemudian penurunan V/C ratio ke arah ke Jakarta 8%, dan kecepatan meningkat di malam hari sekitar 31%. (ams)

Share :

Baca Juga

News

Hadapi Libur Nataru JNK Kampanyekan Keselamatan Berkendara

Headline

Jatisampurna Optimis Target Pajak Reklame 150 Persen di Penghujung Tahun
Provinsi Madura

Headline

Didukung 4 Bupati, Pulau Madura Diwacanakan Menjadi Provinsi
Fadil Sausu, Bali United

Headline

Jamuan Serdadu Tridatu, Bali United Hujani 5 Gol ke Gawang Barito Putera

Headline

Sebanyak 1.400 Personil Gabungan Siap Amankan Laga di Stadion Patriot

News

Jokowi Dijadwalkan Lantik 17 Duta Besar Siang Ini
Dialog Publik Gerakin Tolak Hoax Golput dan Hate Speech

Headline

Dialog Publik Gerakin Tolak Hoax Golput dan Hate Speech
alih kelola sma

Headline

Kisruh PPDB Online, BMPS Kota Bekasi Geruduk DPRD dan Dinas Pendidikan