Home / Headline / Kultural

Minggu, 19 Maret 2017 - 04:10 WIB

Harmonisasi Teman di Taman Komunitas Teman Ngopi

SUARAPENA.com – Agenda bulanan Komunitas Teman Ngopi (KTN) Maret menjadi ajang diskusi menarik dari berbagai teman komunitas lain di sekelilingnya. Mengangkat tema “Teman di Taman” persahabatan sejumlah manusia dengan aneka isi kepala menjadi harmoni.

“Teman di Taman menjadi konsep yang sudah saya wacanakan dan jalankan sejak 2008 silam,” kata pengisi materi acara, Penyair Irman Syah, di Taman Alun-alun Kota Bekasi, Sabtu (18/3/2017) malam.

Menurutnya, program pada Teman di Taman adalah kebersamaan sesama manusia untuk menanggalkan segala atribut yang melekat dalam diri. Melebur dalam harmonisasi, dan saling mengisi satu sama lain.

Baca juga:  Trump Declaration dan Kekeliruannya

Hal seperti ini dikatakannya perlu dilakukan bagi setiap kalangan masyarakat, agar keharmonisan antar kelompok tetap terjaga. Apalagi, “taman” dalam hal ini juga bisa diartikan secara luas seperti taman kota, taman bermain, taman budaya, taman Indonesia, hingga taman semesta.

“Taman Indonesia inilah yang menjadi zamrud khatulistiwa dengan keanekaragamamanya,” imbuhnya.

Salah satu pendiri Teater Langkah di Universitas Andalas Padang ini juga berharap agar kegiatan diskusi dan program teman di taman bisa terus dijalankan. Dengan isi tema lanjutan antar komunitas diharapkan bisa memberikan inspirasi antar komunitas yang memiliki bidang berbeda.

Baca juga:  Slankers Bekasi Kota Siap Dukung Program Pemerintah

“Mari kita terus support satu sama lain. Dan menjalankan silaturahmi seperti yang digaungkan oleh Sobat Tande,” kata Konsultan Kreatif Sastra Kalimalang (SKM) ini.

Sementara pembina KTN, Beben Jazz mengungkapkan, tema yang dilontarkan oleh Penyair Irman Syah tentu memiliki latar belakang panjang. Program ini dihadirkan dengan gaya sederhana tetapi di balik itu memiliki makna yang sangat dalam.

“Ketika saya mendengar tema taman, saya langsung teringat dengan surga yang diibaratkan sebagai sebuah taman dengan banyak keindahan,” ujarnya.

Dengan tema yang diangkat itu, dia mengajak kepada sejumlah anggota komunitas yang hadir agar bersama memanfaatkan pertemuan tema tersebut sebagai salah satu jalan menuju Taman Firdaus.

Baca juga:  Berbagi Bisnis dan Amal, Asia Royale Club Berikan Bantuan ke Panti di Jakarta

“Mudah-mudahan saja, teman di taman ini juga bisa menjadi silaturahmi yang membawa kita ke Taman Firdaus,” imbuh Ketua Komunitas Jazz Kemayoran (KJK).

Sejumlah komunitas yang hadir dalam agenda rutin bulanan KTN di tahun kedua ini diantaranya SKM, KJK, Beben Jazz Music Course (BJMC), Bekasi Foto, Universitas Pencari Hakikat (UPH), Teater Langkah, Perfect Talent, hingga Peraih Rekor Muri Pembacaan Puisi dan Pantun (Situn) Engkong Guntur Elmogas. (sng)

Share :

Baca Juga

Politik SARA

Headline

Pengamat Politik: Perlu Langkah Kultural Antisipasi Politik SARA di Pilkada 2018
Deklarasi BTJ

Headline

Turut Serta Membangun Bogor Timur, BTJ Deklarasikan Diri
Sebuah mobil pemudik melintas bebas hambatan di Jalur Ketanggungan - Klonengan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (24/6/2017). Foto: Sng/SUARAPENA.com

Headline

Apa Kabar Macet 3 Hari di Jalur Alternatif Ketanggungan – Klonengan Brebes?
longsor susulan

Headline

Longsor Susulan Terjadi di Ponorogo saat Pencarian Korban Dilakukan
Pecinta Vape Ramaikan 3rd Anniversary Therion DNA Bekasi

Headline

Pecinta Vape Ramaikan 3rd Anniversary Therion DNA Bekasi
Kejari Kabupaten Bekasi

Headline

Aksi Demonstrasi, Mahasiswa Desak Kajari Kabupaten Bekasi Mundur dari Jabatannya
Pihak Jasa Marga dan Kepolisian memberlakukan sistem contra flow guna mengurai kepadatan akibat penuhnya rest area di jalur Tol Jakarta - Cikampek. Foto: JasaMarga

Headline

Rest Area Penuh, Jasa Marga Berlakukan Contraflow untuk Mengurai Kepadatan Lalulintas
Krisis Global Terakhir Tidak Mengubah Dunia. Tapi yang Ini Bisa

Headline

Krisis Global Terakhir Tidak Mengubah Dunia, Tapi yang Ini Bisa