Scroll untuk baca artikel
HeadlinePendidikan

Imbauan Nyanyikan Lagu Indonesia Raya untuk Tingkatkan Rasa Nasionalisme

×

Imbauan Nyanyikan Lagu Indonesia Raya untuk Tingkatkan Rasa Nasionalisme

Sebarkan artikel ini
Lagu Indonesia Raya
Siswa si Tasikmalaya saat menunjukkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diserahkan oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu (10/6/2017). Foto: Kemendikbud

SUARAPENA.COM – Sebagai langkah pendidikan karakter, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy megimbau agar pada tahun ajaran baru 2017/2018 siswa menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

“Nanti sebelum memulai pelajaran, nyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu nasional sebelum memulai pelajaran,” kata Muhadjir sela kegiatan penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) oleh Presiden Joko Widodo di Tasikmalaya, Sabtu (10/6/2017).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Selain Lagu Indonesia Raya, dia juga meminta siswa agar mampu menyanyikan lagu nasional lain seperti misalnya Lagu Rayuan Pulau Kelapa, maupun Indonesia Pusaka.

Muhadjir menjelaskan, dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, ia berharap dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme.

Berita Terkait:  Soal¬†Full Day School, Pramono Anung: Bukan Dibatalkan Tapi Diperkuat

Sementara Guru SMPN 2 Ciamis Elan Suherlan menyampaikan, bahwa memang dengan membiasakan menyanyikan Lagu Indonesia Raya maka dapat membentuk karakter pelajar agar cinta tanah air.

“Itu pembiasaan yang bagus dan nanti perlahan bisa membuat pelajar mengerti bagaimana cinta tanah air dan Pancasila,” ujarnya.

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, setiap sebelum memulai pelajaran, siswa menyanyikan lagu kebangsaan dan atau lagu nasional. Kemudian menyanyikan lagu daerah sebelum pulang.

Berita Terkait:  Transisi Pandemi ke Endemi, Menko PMK: Taruhannya Tahun Ini

Salah satu tujuan dari Permendikbud nomor 23 tahun 2015 ini adalah untuk menumbuhkembangkan kebiasaan yang baik sebagai bentuk pendidikan karakter sejak di keluarga, sekolah, dan masyarakat. (as/sng)