Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
Jelang Perhelatan MotoGP, Menhub Pastikan Ketersediaan Transportasi

Home / News / Pemerintahan

Kamis, 13 Januari 2022 - 19:02 WIB

Jelang Perhelatan MotoGP, Menhub Pastikan Ketersediaan Transportasi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

SUARAPENA.COM – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan ketersediaan transportasi mulai dari Bandara BIZAM hingga ke sirkuit Mandalika jelang perhelatan event MotoGP 2022 pada Maret mendatang.

Hal tersebut disampaikannya usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Bandara Internasional Lombok pada Kamis (13/1/2022).

Saat ini, terminal penumpang Bandara Internasional Lombok telah diperluas menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun.

Apron Bandara Lombok kini dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body, serta memiliki landas pacu (runway) sepanjang 3.300 meter yang bisa didarati pesawat berbadan lebar jenis Boeing 777.

Baca juga:  Sekda Jabar Ingatkan Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Ramadhan

“Diharapkan pergerakan peserta, official, penonton, dan penanganan kargo bisa ditampung dengan baik di bandara ini,” kata Menhub.

Untuk melancarkan mobilitas dari Bandara menuju ke Sirkuit Mandalika, Kemenhub juga menyiapkan sejumlah bus shuttle, menyesuaikan dengan jumlah peserta, tim official dan penonton yang terdaftar.

“Jumlah penonton MotoGP diperkirakan akan lebih banyak daripada penyelenggaraan Superbike, yang mencapai hingga 60 ribu orang lebih,” kata Menhub.

Menhub juga menyatakan, ada dua antisipasi yang akan dilakukan. Pertama, mengantisipasi kedatangan para peserta dan tim official dari luar negeri. Kedua, mengantisipasi penonton yang datang baik dari luar negeri maupun dalam negeri.

Baca juga:  Perkuat Sistem Kelistrikan Sumatera, PLTGU 275 MW Riau Diresmikan

Pihaknya memastikan proses kedatangan para peserta, tim official dari luar negeri ke bandara, akan menerapkan prokes secara ketat dengan mekanisme travel bubble, untuk mengantisipasi resiko penularan Covid-19.

“Penerapan prokes ketat jangan diabaikan sekalipun kepada para pembalap. Kalau ditemukan positif Covid-19, kita harus tegas untuk menyatakan mereka tidak bisa ikut serta,” tuturnya.

Sementara, untuk mengantisipasi hadirnya penonton ke Lombok, Menhub menyampaikan bahwa telah menyiapkan sejumlah persiapan yakni jadwal penerbangan secara komuter dari Lombok ke Bali dan sebaliknya.

Hal tersebut dilakukan karena terbatasnya jumlah akomodasi penginapan di Lombok, sehingga harus menginap di Bali.

Baca juga:  Selain Palangka Raya, Ada 2 Kota Lain di Kalteng Disiapkan Jadi Pengganti Ibu Kota Negara

“Kita siapkan pesawat berbadan lebar (wide body) untuk melakukan perjalanan komuter dari jam 5 pagi sampai jam 9 pagi dari Bali ke Lombok, untuk melayani sekitar 4000 orang,” ucapnya.

Sekedar diketahui, setelah meninjau bandara, Menhub mendampingi Presiden RI Joko Widodo menggunakan sepeda motor untuk meninjau kesiapan sarana dan prasarana pendukung lainnya serta mengunjungi Sirkuit Mandalika.

Dalam peninjauan itu, presiden juga memastikan kelancaran konektivitas transportasi dan penerapan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat, menghadapi adanya potensi lonjakan penumpang pada saat perhelatan MotoGP Mandalika pada bulan Maret 2022 mendatang. (Bo/Msc)

Share :

Baca Juga

Februari Tahun Ini 10.773 Peserta CPNS Ikuti Ujian

Headline

Februari Tahun Ini 10.773 Peserta CPNS Ikuti Ujian Seleksi
Menteri Luar (Menlu) Negeri Retno LP Marsudi

Internasional

Dukung Palestina, Indonesia Lakukan Upaya Maksimal di Semua Lini

News

Ada Kemungkinan Pemkab Tanjab Barat Tolak Formasi CPNS 2018
Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo

News

Presiden Pastikan Kepala Otorita IKN Seorang Profesional
Parkir mustikajaya, gibas

News

Ketua GIBAS Resort Kota Bekasi Sesalkan Urusan Kecil Parkir Dibesar-besarkan
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

News

Buka Posko Pengaduan Pembayaran THR, Begini Cara Melaporkannya
Target 25 Ribu Sertifikat Tanah, BPN Kota Bekasi Lantik Panitia PTSL

Headline

Target 25 Ribu Sertifikat Tanah, BPN Kota Bekasi Lantik Panitia PTSL

Pemerintahan

Wabup Amir Hadiri Penandatanganan MoU Optimalisasi Penerimaan Pajak Pusat Dan Daerah