Scroll untuk baca artikel
HeadlineNews

Kaya Cerita Dongeng Nusantara, Jokowi Minta Mendikbud Sebarkan ke Anak-Anak

×

Kaya Cerita Dongeng Nusantara, Jokowi Minta Mendikbud Sebarkan ke Anak-Anak

Sebarkan artikel ini

SUARAPENA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia merupakan negara yang kaya akan cerita dongeng nusantara. Dsetiap daerah memiliki cerita dongengnya masing-masing. Dari sisi suku, agama, budaya yang melahirkan cerita-cerita seperti Lutung Kasarung, Malin Kundang, Sangkuriang, Raja Ampat, dan sebagainya.

“Inilah cerita-cerita yang perlu dikenalkan pada anak-anak, sehingga minat baca anak ini menjadi lebih baik lagi,” kata Presiden Jokowi usai mendongeng di depan anak-anak yang hadir dalam acara Hari Buku Nasional, di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Untuk itu, Jokowi meminta kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) agar cerita-cerita Nusantara ini disebarkan, disampaikan kepada anak-anak sejak dini.

“Sehingga nilai-nilai moral, nilai-nilai etika, nilai-nilai kesantunan, nilai-nilai kejujuran, nilai-nilai keberanian itu ada di anak-anak, karena cerita-cerita yang baik tadi,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu Jokowi juga menyampaikan, sesuai dengan janjinya kepada seluruh pegiat literasi, pegiat minat baca, maka setiap bulan nanti ada satu hari, pemerintah bisa mengirimkan buku ke pelosok tanah air lewat kantor pos, tanggal 20, dan itu digratiskan.

Berita Terkait:  Cek Harga Bahan Pokok di Pasar, Ganjar dampingi Jokowi

“Yang bulan ini tanggal 20, dan setiap bulannya tanggal 17. Jangan kebalik, jadi yang bulan ini tanggal 20 karena itu adalah Hari Kebangkitan Nasional, dan setiap bulannya tanggal 17,” jelas Jokowi seraya mengharapkan hal itu akan memperkuat minat baca anak-anak, karena buku sampai ke daerah itu bisa menjadi lebih murah.

Mengenai buku favoritnya sejak kecil, Jokowi mengaku suka membaca komik Gundala Putra Petir, hingga Kopingho.

Berita Terkait:  Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung Resmi Diluncurkan

“Cerita-cerita wayang itu banyak sekali saya. Selalu saya baca yang lucu-lucu, Petruk Gareng. Saya ingat selalu saya baca,” ungkap Jokowi.

Saat ditanya kesediaannya mendongeng di Istana Merdeka, Jokowi mengaku sesungguhnya dirinya tidak pernah mendongeng.

“Saya enggak pernah mendongeng tapi dulu sering didongengi oleh Kakek saya. Sering diberikan dongeng-dongeng yang dongeng-dongeng seperti tadi yang saya ceritakan tadi,” terang Jokowi seraya menambahkan, dirinya selalu meluangkan waktu untuk membaca baik saat di pesawat maupun di mobil ketika dalam perjalanan. (dna/fid/jay/es/sng)