Home / Kultural / Pendidikan

Rabu, 22 Maret 2017 - 00:06 WIB

Kemendikbud Buka Seleksi “Seniman Mengajar”

SUARAPENA.com – Kementerian Pendidikan melalui Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, akan menjalankan kegiatan “Seniman Mengajar” tahun ini. Kegiatan “Seniman Mengajar” adalah program kegiatan seniman yang mengajar berbagai bidang kesenian kepada masyarakat, komunitas, atau sanggar, di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T). Pendaftaran seleksi “Seniman Mengajar” untuk gelombang pertama dibuka pada 15 Maret hingga 10 April 2017.

Program “Seniman Mengajar” bertujuan mendorong para seniman berbagi ilmu dan pengalamannya kepada masyarakat di daerah 3T. Melalui program ini, diharapkan masyarakat di daerah 3T dapat lebih terbuka wawasannya tentang kebudayaan Indonesia. Selain itu, masyarakat juga dapat menjalin kerja sama dengan seniman sehingga dapat meningkatkan kualitas ekspresi seni dan penguatan identitas budaya di daerah 3T. Pada akhir masa belajar, para seniman dapat mempresentasikan apa yang telah dikerjakannya di daerah pelaksanaan kegiatan.

Baca juga:  Sebuah Penghargaan, Nyanyian Puisi untuk Ane Matahari

Gelombang pertama “Seniman Mengajar” akan berlangsung pada bulan Mei 2017. Pelaksanaan gelombang pertama bertempat  di tiga daerah 3T, yaitu Natuna (Kepulauan Riau), Kapuas Hulu (Kalimantan Barat), dan Belu (Nusa Tenggara Timur). Kegiatan akan berlangsung selama 20 hari, dengan pola pengembangan residensi. Di akhir kegiatan, seniman menyerahkan laporan tertulis atau berupa video hasil kegiatan yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan seniman.

Baca juga:  Sekolah Penyelenggara UNBK Sedikit, Jumlah Peserta UNBK Lebih Banyak

Dalam program “Seniman Mengajar” ditekankan prinsip-prinsip partisipatif, dialogis, dan transformasi. Format kegiatan residensi seniman dalam kurun waktu yang ditentukan dengan selesainya target paket kegiatan. Gelombang kedua “Seniman Mengajar” akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi seniman untuk berbagi ilmu dan keahlian dengan seniman lokal yang mewakili sanggar atau komunitas. (sng/des)

Share :

Baca Juga

Headline

Covid 19 Tak Halangi Desainer Athan Berkarya di Indonesia Fashion Parade 2020
Mandeknya Kreativitas Budaya

Kultural

Mandeknya Kreativitas Budaya
sedekah laut

Kultural

Meriah, Sedekah Laut Pantai Teluk Penyu Cilacap Disaksikan Ribuan Orang

Pendidikan

IA FH Ubhara Jaya Upayakan Peningkatan Kualitas Kampus

Headline

Harmonisasi Teman di Taman Komunitas Teman Ngopi
Forum Seniman Bekasi

Headline

Berkumpul di Hotel Aston Imperial Bekasi, FSB Gelar Bekasi Artpreneur
Inspeksi Mendadak

Headline

Inspeksi Mendadak PPDB Online, Anggota Dewan di Bekasi Ungkap Beberapa Kendala

Headline

Makam Mahligai dan Sejarah Islam Masuk Nusantara