Scroll untuk baca artikel
OlahragaSuara Jabar

Lari Trail Kian Diminati, Menpora Dito Ariotedjo Siap Berkolaborasi dengan Ketua Umum ALTI Bima Arya

×

Lari Trail Kian Diminati, Menpora Dito Ariotedjo Siap Berkolaborasi dengan Ketua Umum ALTI Bima Arya

Sebarkan artikel ini

Suarapena.com, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Dito Ariotedjo menerima audiensi Ketua Umum Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) Bima Arya bersama jajaran pengurusnya di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Menteri Dito menyebut lari lintas alam (trail) kian diminati masyarakat. Hal itu Dito rasakan ketika melihat antusias peserta di Bukit Lawang Orangutan Trail 2023, Langkat, Sumatera Utara, yang Ia ikuti belum lama ini.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

“Sekarang lari trail ini merupakan cabang olahraga yang sangat diminati oleh masyarakat. Kebetulan saya minggu lalu juga mengikuti di Bukit Lawang Orangutan Trail Run. Walaupun lari trail ini awalnya dari olahraga masyarakat, sekarang fokus ke prestasi. Jadi ini gabungan antara olahraga rekreasi, prestasi dan juga sport tourism,” ungkap Dito.

Oleh karena itu, lanjut Dito, Kemenpora siap berkolaborasi dengan ALTI. Termasuk mendukung para atlet lari trail Tanah Air yang akan berlaga di kejuaraan dunia dalam waktu dekat.

Berita Terkait:  Jadi Bukti Kehebatan, Jalan Prof. DR. H. Andi Hakim Nasution Diresmikan Wali Kota Bogor Bima Arya

“Mereka juga akan berlaga di kejuaraan dunia lari trail di Austria. Tadi bilang ada kendala di visa, kami di Kemenpora karena ini membawa merah putih, kita akan mengadvokasi dan membantu memberikan jaminan ke kedutaan agar visanya dikeluarkan. Semoga merah putih ini bisa berkibar di Austria,” ujarnya.

Berita Terkait:  Pertarungan Elektabilitas di Pilkada Bogor, Sendi Fardiansyah Mampu Saingi Dedie Rachim dan Syahrul Gunawan

Di tempat yang sama, Ketua Umum ALTI Bima Arya mengatakan, bahwa Austria menjadi kejuaraan dunia kedua yang diikuti atlet lari trail Indonesia. Sebelumnya pernah diikuti di World Mountain and Trail Running Championships (WMTRC) di Chiang Mai, Thailand.

Dalam ajang bergengsi tersebut Indonesia bersaing ketat dengan 184 negara lainnya namun perlu diketahui pelari gunung bernama Ade Katume Putra asal Sulawesi Tengah masuk 50 besar dunia dan peringkat 3 ASEAN.