Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
Lebih Mengenal Allah lewat Jazz - Oleh Beben Jazz

Home / Headline / Pena Kita

Rabu, 21 Juni 2017 - 23:29 WIB

Lebih Mengenal Allah lewat Jazz

Beben Jazz, Musisi Jazz, Seorang Pencari Hakikat, Pejalan Tasawuf yang ingin selalu bisa bermanfaat bagi orang lain.

Beben Jazz, Musisi Jazz, Seorang Pencari Hakikat, Pejalan Tasawuf yang ingin selalu bisa bermanfaat bagi orang lain.

Oleh Beben Jazz
Musisi Jazz, Seorang Pencari Hakikat, Pejalan Tasawuf yang ingin selalu bisa bermanfaat bagi orang lain

TULISAN ini berawal ketika saya membaca salah satu ayat Quran yang artinya:
“Dan Aku tidak menciptakan Jin dan Manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku”
(QS:51:56)

Jadi tujuan utama manusia diciptakan sejatinya adalah untuk menyembah, beribadah, dan dengan pemahaman dari sisi lain, ini juga bisa bermakna ‘mengenal’. Seperti dalam sebuah Hadist Qudsi Allah Berfirman: “Aku adalah harta yang tersembunyi dan Aku ingin diketahui.”

Allah ingin dikenal, Allah ingin diketahui, dan Allah adalah Harta yang tersembunyi, dan sekarang tinggal bagaimana cara kita bisa lebih mengenal-Nya, mengetahui-Nya, dan menemukan Harta Karun tersebut.

Tentunya dalam perjalanan ibadah, perjalanan spiritual  masing-masing orang akan berbeda, dan yang saya rasakan dan jalani, ternyata saya diberikan kesempatan bisa lebih mengenal Allah dan beribadah lewat dunia musik ini, spesifiknya saat mempelajari dan mendalami Jazz.

Baca juga:  Jokowi Instruksikan Jaminan Ketersediaan Obat dan Alat Kesehatan Peserta JKN

Jadi kalau kita pernah mendengar, membaca Firman Allah: Allâh Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
قُلْ لَوْ كَانَ الْبَحْرُ مِدَادًا لِكَلِمَاتِ رَبِّي لَنَفِدَ الْبَحْرُ قَبْلَ أَنْ تَنْفَدَ كَلِمَاتُ رَبِّي وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهِ مَدَدًا
Katakanlah (wahai Muhammad), “Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Rabbku, sungguh habislah lautan itu sebelum kalimat-kalimat Rabbku habis (ditulis), meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula).” [Al-Kahfi/18:109]

Untuk dapat lebih merasakan keluasan Ilmu Allah yang demikian tidak terhingga luasnya tanpa batas, coba deh kita mempelajari dengan bersungguh-sungguh ilmu yang sedang kamu tekuni sekarang, atau yang biasa yang kamu kerjakan sekarang. Misalnya, kalau saya musik, nah saat mendalami musik ini makin dalam selalu saya dipertemukan dengan Allah, dan selalu saja ujungnya Allahu Akbar, begitu luas Ilmu Allah, ini baru Ilmu Musik belum Ilmu yang lainnya lagi.

Baca juga:  Sholihin Tegaskan Daftar Caleg di PPP Zero Mahar

Maka dalam setiap kesempatan saya sering sharing mengatakan pada murid, sahabat, audience jika memang saya sedang berada di suatu forum,

“Ingin lebih mengenal Allah, Ingin selalu ada perjumpaan dengan Allah, Ingin selalu merasakan kehadiran-Nya, Ingin lebih merasakan Maha Luasnya Allah, maka bersungguh-sungguhlah dalam mempelajari sesuatu (Jihad), dan jangan tanggung tanggung serius dalam belajar. Belajar terus sampai sebelum masuk liang kubur, maka Insha Allah ujung-ujungnya kita akan selalu bertemu dengan Allah.”

Tidak percaya? Tapi itulah yang saya rasakan, yang saya coba terus lakukan. Makin mendalami sesuatu dengan sungguh-sungguh, membuat saya Insha Allah jadi makin mengenal Allah, dan selalu menimbulkan decak kagum Masya Allah, Allahu Akbar serta menimbulkan juga Rasa Syukur, begitu makin mensyukurinya kita diberikan Panca Indra dan segalanya, Allah Akbar, nikmat Tuhan mana yang akan kau dustakan?

Baca juga:  Pemerintah Kota Bekasi Gali Potensi PAD Pajak Reklame dan Spanduk

Allahu Akbar, tidak tahu lagi saya ingin mengatakan apa terhadap nikmat ini, apapun yang kita lakukan sebenarnya kita tidak akan mampu membalas semua nikmat ini, dan kalau nanti Insha Allah kita bisa diselamatkan dari siksanya Allah itu semata mata karena Syafaat-Nya, Ridho-Nya, dan Kemurahan-Nya.

Manusia jangan bersombong, merasa itu bisa selamat karena ibadahnya, yang bisa kita lakukan hanya semata selalu Ikhtiar untuk menjadi baik, dan selalu berusaha membersihkan hati, agar segala sesuatunya itu bisa menimbulkan, mengeluarkan Sifat Ilahiah dalam diri, dan dengan itu, Insya Allah kita termasuk golongan orang yang selamat. Aamiin, Aamiin, Aamiin. (*)

@BebenJazz

Share :

Baca Juga

Headline

Koin Emas Senilai $4 Juta Dicuri dari Museum Berlin
Wujudkan Pendidikan Ramah Anak, Homeschooling Kak Seto Dibuka

Headline

Wujudkan Pendidikan Ramah Anak, Homeschooling Kak Seto Dibuka
Acara Fun Rally GNNT 2017

Headline

Jasa Marga Dukung Program Less Cash Society Melalui Fun Rally GNNT
Petugas Kesehatan

Headline

Sebanyak 378 Petugas Kesehatan Ditempatkan di 7 Titik Posko Jalur Mudik Bekasi
koridor jalur mudik

Headline

Pemudik yang Melintasi Bekasi Bisa Manfaatkan 4 Koridor Jalur Mudik Ini
Peningkatan penerbangan domestik. Foto: Ilustrasi

Headline

Mei 2017 Penumpang Angkutan Udara Naik 2,4 Persen
Tidak Dibenarkan Pemotongan Jaspel Oleh Siapapun

Headline

Tidak Dibenarkan Pemotongan Jaspel Oleh Siapapun
muhadjir effendy - soal UN

Headline

Mendikbud Larang Guru Berikan PR Matematika kepada Siswa, Kenapa?