Home / Kultural

Rabu, 12 Mei 2021 - 00:56 WIB

Masih Ada Kesempatan Sehari Lagi, Ayo Bentengi Harta dengan Zakat

Suasana pengelolaan Zakat Fitrah di Majelis Singa Rasulullah Saw, Karangsatria, Tambun Utara, Bekasi, Selasa (11/5/2021) malam.

Suasana pengelolaan Zakat Fitrah di Majelis Singa Rasulullah Saw, Karangsatria, Tambun Utara, Bekasi, Selasa (11/5/2021) malam.

SUARAPENA.COM – Umat muslim di tanah air saat ini masih mempunyai kesempatan satu hari lagi untuk menunaikan zakat fitrah. Hari Raya Idul Fitri 1442 H ditetapkan oleh pemerintah jatuh pada Hari Kamis (13/5/2021), sehingga umat Islam masih memiliki kesempatan satu hari lagi untuk menunaikan zakat fitrah sebelum lebaran.

“Seseorang yang tidak membayar zakat fitrah hingga akhir masa waktu tanpa alasan jelas hukumnya haram,” kata Pendiri Majelis Singa Rasulullah Saw, KH. Alif Prayogi, Selasa (11/5/2021) malam.

Kyai Singa juga mengungkapkan, Nabi Muhammad Saw bersabda, “Bentengilah harta kalian dengan zakat, obatilah orang-orang sakit dari kalian dengan sedekah, siapkanlah doa untuk bala bencana.” (Diriwayatkan Abu Dawud dalam bentuk mursal dari Al-Hasan).

Baca juga:  KIM Pemuda Pancasila Berbagi Takjil kepada Pengendara dan Ojol

Dalam riwayat lainnya, Nabi juga bersabda, barangsiapa diberi harta oleh Allah, lalu tidak membayarkan zakatnya, maka hartanya itu akan diwujudkan dengan ular botak yang mempunyai dua titik hitam.

Ular itu akan melilitnya pada hari kiamat, mengambil dengan kedua lehernya, kemudian berkata “Aku hartamua, aku simpananmu”, lalu membaca “Sekali-kal janganlah orang-orangyang bakhil dengan harta Allah berikan kepada mereka karunia-Nya menyangka bahwa kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka.

Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya pada hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan yang ada di langit dan bumi dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (HR. Pemilik Kutubus Sittah (enam kitab hadits) selain at-Tarmidzi dari Abu Hurairah (Jam’uz Zawaa’id).

Baca juga:  Karang Taruna dan Bogor Timur Jurnalis Berbagi Takjil di Bulan Suci

Allah SWT berfirman dalam penggalan Surah At-Taubah ayat 34-35:

وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ (34) يَوْمَ يُحْمَى عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ هَذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ فَذُوقُوا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُون (35)

Artinya, “…Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih.” (34).

Baca juga:  Slankers Bekasi Kota Siap Dukung Program Pemerintah

“(Ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (35).

Hingga Selasa (11/5/2021) malam, Majelis Singa Rasulullah sendiri sudah dapat menyiapkan 170 paket sembako dan 200 amplop. Pembagian zakat tersebut dilakukan hari ini menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri 1442 H. (sng)

Share :

Baca Juga

Komunitas Historika Bekasi

Headline

Komunitas Historika Bekasi Telusur Jejak Tarumanagara hingga Karawang
Pesan Persaudaraan dari Kampung Sawah untuk Indonesia

Headline

Pesan Persaudaraan dari Kampung Sawah untuk Indonesia
Ronald Mula Yansen gagas pendirian Rumah Sejarah Kampung Sawah.

Headline

Lestarikan Budaya, Pemuda Kampung Sawah Ini Ingin Dirikan Rumah Sejarah
Sobat Tande, bernyanyi dan berpuisi bersama. Foto: Sng/SUARAPENA.com

Headline

Sobat Tande, Khazanah Sosial Orang Bekasi
batik bekasi

Headline

Batik Bekasi Jadi Satu Kearifan Lokal yang Harus Dilestarikan
Ragam Budaya Jepang Hadir di Grand Galaxy Park Mall Bekasi

Ekbis

Ragam Budaya Jepang Hadir di Grand Galaxy Park Mall Bekasi

Kultural

Kombas Persembahkan Motif Batik Terbaru Peringati HUT Kota Bekasi ke 24
Forum Seniman Bekasi

Headline

Berkumpul di Hotel Aston Imperial Bekasi, FSB Gelar Bekasi Artpreneur