Suara Aceh

Masyarakat Rangkileh Gotong Royong Bersihkan Eceng Gondok

SUARAPENA.COM – Masyarakat Gampong Rangkileh Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat bergotong royong bersihkan eceng gondok, Selasa (7/4 2020).

Keuchik Gampong Rangkileh Umardani mengatakan, pelaksanaan gotong royong pembersihan enceng gondok merupakan bentuk penanggulangan dari bencana banjir.

“Harapan kami dapat bermanfaat dalam melakukan pembersihan sungai, hingga tercipta mulus, serta aliran sungai dapat kelancaran,” katanya kepada Suarapena.com.

Pembersihan eceng gondok tersebut dilakukan di aliran sungai di depan Masjid Rangkileh. Diketahui sebelumnya banyak tumbuhan eceng gondok yang menghambat aliran sungai dan menyebabkan aliran sungai tersendat.

Umardani menilai, kelancaran air sungai secara tidak langsung juga mendukung kelancaran perekonomian masyarakat setempat. Pasalnya, sebagian besar masyarakat bermatapencaharian dengan bertani dan bercocok tanam padi.

“Dengan lancarnya aliran sungai maka pengairan ke areal persawahan juga tercukupi, sehingga petani kita bisa melakukan panen dia kali dalam setahun,” pungkasnya. (Jamil)

Tags
Show More
Back to top button
Close
Close