HeadlinePena Kita

Mengapa Kita Harus Mempercayai Hasil Pemilu 2019?

Oleh Juri Ardiantoro
Ketua KPU RI 2016-2017, Ketua KPU DKI jakarta 2005-2008 dan 2008-2012, Peneliti Senior (non-aktif) Network for Democracy and Electoral Integrity (Netgrit), Koordiantor Presidium Nasional Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI).

MESKI secara teknis masih banyak yang harus diperbaiki, Pemilu bersejarah Serentak 2019 telah berlangsung dengan lancar dan damai. Saat ini, secara sementara masyarakat  sudah dapat mengetahui hasil pemilu melalui berbagai saluran, baik melalui penghitungan cepat (quick count) berbagai lembaga survei maupun penghitungan riil (real count) melalui layanan yang disediakan KPU yang masih berlangsung.

Sementara penghitungan dan rekapitulasi manual yang dilakukan KPU dan akan menjadi dasar penetapan resmi hasil pemilu oleh KPU pada sebulan yang akan datang, saat ini sedang berjalan secara berjenjang mulai dari tingkat KPPS (TPS), PPK (Kecamatan ), KPU Kab/Kota, KPU Provinsi dan direncanakan akan ditetapkan paling akhir tanggal 22 Mei 2019.

Quick Count memang bersifat sementara dan data yang diambil juga sample saja, namun sejarah membuktikan bahwa metode ini sangat akurat sejak diperkenalkan dan dipraktikan di Indonesia. Apalagi tidak ada yang berselisih dari puluhan lembaga survei yang melakukan quick count di pemilu kali ini.

1 2 3 4Laman berikutnya
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close