Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
Menlu Kanada Sampaikan Dukungan kepada Presidensi G20 Indonesia

Home / Headline / Pemerintahan

Senin, 11 April 2022 - 15:25 WIB

Menlu Kanada Sampaikan Dukungan kepada Presidensi G20 Indonesia

Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menlu Kanada Melanie Joly, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/04/2022). (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menlu Kanada Melanie Joly, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/04/2022). (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

SUARAPENA.COM – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Kanada, Melanie Joly, bersama delegasi terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/04/2022).

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi yang turut mendampingi Kepala Negara dalam pertemuan tersebut menyatakan bahwa Menlu Kanada menyampaikan dukungan Kanada terhadap presidensi G20 Indonesia.

“Di dalam pertemuan tadi Menteri Luar Negeri Kanada kembali menyampaikan dukungan Kanada terhadap presidensi Indonesia,” ujar Retno dalam keterangannya usai pertemuan berlangsung.

Baca juga:  Miliki Proprerti Semakin Mudah, Jababeka Residence Kini Gandeng BNI

Menurut Retno, Kanada juga menyatakan komitmennya untuk terus melakukan komunikasi terbuka dengan Indonesia dalam rangka mempersiapkan cara terbaik G20 dalam menghadapi situasi sulit yang tengah terjadi saat ini. Selain itu, Retno juga menambahkan bahwa Indonesia mendapatkan dukungan serupa dari seluruh negara anggota G20.

“Oleh karena itu, kita ingin bahwa dukungan-dukungan itu kita wujudkan, kita kerja samakan sehingga sekali lagi G20 dapat bekerja secara maksimal di tengah situasi yang sulit ini,” ungkapnya.

Baca juga:  Pemerintah Jamin Ketersediaan Pasokan BBM di Bulan Ramadhan

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia dan Kanada juga membahas terkait kerja sama ekonomi kedua negara mengingat Kanada merupakan salah satu mitra perdagangan dan investasi yang cukup penting bagi Indonesia untuk kawasan Amerika Utara. Retno menyebut, nilai perdagangan antara Kanada dan Indonesia pada tahun 2021 meningkat cukup signifikan hampir 30 persen dan nilai investasi juga meningkat hampir 4 persen.

Presiden Jokowi pun menekankan pentingnya kedua negara untuk terus memperkuat hubungan kerja sama di bidang ekonomi, salah satunya dengan mengintensifkan negosiasi Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) yang sudah dimulai negosiasinya sejak bulan Maret yang lalu.

Baca juga:  Hadapi Dampak Covid-19, Industri Aneka Lakukan Penyesuaian Usaha

“Bapak presiden menyatakan perlu untuk dipercepat negosiasinya. Selain itu juga dibahas mengenai kerja sama untuk isu clean energyinfrastructure, dan lain-lainnya. Terdapat ketertarikan dari investor Kanada untuk terus berinvestasi di Indonesia,” tandasnya.

Turut pula mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (un/sng)

Share :

Baca Juga

Ekbis

Defisit APBN 2021Diprediksi Lebih Rendah dari Target APBN
FKSPI

Headline

15 Klub Ancam Berhenti Bertanding di Liga 1, Ini Alasannya
Kejaksaan Negeri Bekasi Sambut Baik Kehadiran PANNA Kota Bekasi

Headline

Kejaksaan Negeri Bekasi Sambut Baik Kehadiran PANNA Kota Bekasi
akhir pekan keluarga, koki si kecil

Ekbis

Ini Cara Hotel Santika Premiere KHI Rayakan Keseruan Akhir Pekan Keluarga
Kandidat Pendamping M2

Headline

Ini Tiga Kandidat Pendamping M2 di Pilkada Kota Bekasi 2018
Bogor

Ekbis

Bogor Punya Potensi Besar, Jika Dikelola Maksimal Bisa Dongkrak PAD
Forkopimda Kabupaten Bekasi

Pemerintahan

Jelang Pilgub Jabar dan Pilkades, Forkopimda Gelar Silaturahmi Ormas

Pemerintahan

Tri Adhianto Lepas Kafilah MTQ XXXVI di Stadion Patriot Chandrabaga