HeadlinePena KitaPendidikan

Metode Que-WaH Dalam Upaya Menumbuhkan Inovasi Siswa Berwirausaha

Inovasi Metode Pembelajaran

Oleh Rahmawati, M.Pd
Konsultan Pendidikan Griya Resik, Juara I Inovasi Pembelajaran Karakter Bangsa SMK Tingkat Nasional (2017), Juara I Nasional PAUD Berbudaya Lingkungan se-Indonesia (2018), Juara I Nasional Pembinaan Rumah Pintar se-Indonesia (2018).

PENDIDIKAN merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam membentuk sebuah peradaban bangsa. Pendidikan akan melahirkan perubahan dan penemuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam hal ini, faktor yang mempunyai peranan yang sangat penting yaitu guru. Sehubungan dengan hal tersebut profesionalisme guru kini semakin menyeruak ke ruang publik seiring dengan meningkatnya tuntutan akan mutu pendidikan. 

Guru akhirnya menjadi sorotan karena merekalah yang menjadi patokan terdepan yang berinteraksi langsung dengan siswa dalam proses pembelajaran. Dalam kondisi seperti ini, guru dituntut untuk mengembangkan keahlian, pengetahuan, dan melahirkan hal-hal baru. Guru yang mampu berinovasi berarti menandakan guru tersebut bisa mengembangkan ide-ide kreatif yang mereka miliki. Kemampuan utama yang harus dimiliki oleh para pendidik adalah dalam strategi pembelajaran. Artinya seorang guru tidak hanya dituntut untuk menguasai mata pelajaran yang akan diajarkannya, tetapi juga harus menguasai dan mampu mengajarkan pengetahuan tersebut pada siswa dengan cara yang menarik, kreatif, dan inovatif, sehingga belajar menjadi kreatif.

Belajar kreatif telah menjadi bagian penting dalam peningkatan mutu pembelajaran. Inti dari kreativitas adalah menghasilkan sesuatu yang baru, bahkan lebih baik. Dengan menciptakan sesuatu yang baru akan terus memancing imajinasi siswa. Guru memiliki peran penting dalam mengenalkan dan mengembangkan pemikiran kreatif pada siswa. Kegiatan belajar mengajar dapat dibuat lebih bervariasi dengan menggunakan metode yang pastinya dapat menumbuhkan kreatifitas dan inovasi siswa. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan permainan kreatif.

Nah, permainan kreatif ini dapat dilakukan dengan mencoba hal yang disukai siswa. Setelah melakukan permainan kreatif maka perbanyak project yang dapat menyeimbangkan teori dan praktek dengan memberikan project. Dari sebuah project, siswa akan banyak berimajinasi dan menuangkan ide-ide kreatifnya. Siswa juga akan terpancing untuk menemukan solusi pada setiap project yang dijalankan. Mengembangkan kreativitas siswa bisa dilakukan dengan mengondisikan atau membangun suasana yang memicu kemampuan berpikir dan berkarya. Dasarnya adalah menguasai pengetahuan, juga menerapkan ilmu dalam bentuk keterampilan.

1 2Laman berikutnya
Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close