Home / Headline / News

Jumat, 19 Mei 2017 - 18:41 WIB

Minimalisir Banjir, Ahmad Syaikhu Tawarkan Konsep Zero Run Off

SUARAPENA.COM – Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu menawarkan konsep Zero Run Off, atau tidak membiarkan air keluar dari lingkup bangunan guna meminimalisir banjir.

“Ini akan membantu meminimalisir dampak banjir yang dapat dilakukan di tengah masyarakat dengan pembuatan sumur resapan. Konsep Zero Run Off ini yang akan diterapkan pada perumahan baru, cluster, agar air tidak keluar ke saluran,” kata Syaikhu saat lakukan kegiatan Jumat keliling di Perumahan Pondok Hijau Permai, Pengasinan, Rawalumbu, Kota Bekasi, Jumat (19/5/2017).

Baca juga:  Ini Tips Memilih Hewan Kurban dari Ahmad Syaikhu

Syaikhu mengaku telah merasakan manfaat sumur resapan yang selain untuk meresap air juga sebagai sumber cadangan air. Sehingga, pada saat musim kemarau tidak terjadi kekeringan.

Dia menjelaskan, Zero Run Off yang telah menjadi kebijakan pemerintah kota Bekasi, dimana air tidak keluar atau lari dari bangunan.

Baca juga:  Ahmad Syaikhu Ungkap Latar Belakang Nama Buku Bekasi Rumah Kita

“Misalkan masjid ini pasti banyak yang menggunakan, sehingga air yang digunakan banyak. Air ini seharusnya jangan langsung dibuang ke saluran, seharusnya ada resapan. Termasuk rumah-rumah kita seharusnya juga ada resapan, sehingga air tidak langsung ke saluran,” ungkapnya.

Baca juga:  Bursa Wagub DKI Jakarta Pengaruhi Dukungan PKS untuk Prabowo?

Syaikhu menambahkan, masih banyak permasalahan yang belum dituntaskan, seperti masalah banjir di Perumahan Pondok Hijau. Pihaknya mencoba mengurai apa saja tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

“Biasanya berkaitan dengan pembangunan bersifat struktur akan kita selesaikan, misalnya pembangunan tandon air dan pembuatan drainase perkotaan yang sesuai dengan standar. Sehingga tidak terjadi sumbatan-sumbatan,” jelasnya. (sng)

Share :

Baca Juga

Anggota DPR RI Intan Fauzi Kirim Alat Perang Lawan Covid-19

Headline

Anggota DPR RI Intan Fauzi Kirim Alat Perang Lawan Covid-19

Headline

Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin Menggebu-gebu Ingin Cepat Pisah

Headline

Hadiri Acara Flashmob di Kota Bekasi Presiden PKS Beberkan Janji Politik Partai
hanif dhakiri

Headline

Jalan Sehat di Bekasi, Hanif Tegaskan Upaya Peningkatan Taraf Ekonomi Rakyat

News

Tipu Belasan Wartawan, Dinkes Tanjab Barat Dinilai Sengaja Lecehkan Profesi Jurnalis
Ato Suparto (kanan) didampingi Ketua Karang Taruna Jatisampurna yang juga merupakan anak kandungnya Suryana (kiri) saat ditemui di rumahnya, Kamis (22/4/2021).

News

Keamanan RS Mitra Keluarga Cibubur Dipertanyakan! Loh, Ada Apa?
Pelatih Bhayangkara FC Simon McMenemy. Foto: MAK/Media Official BFC

Headline

Simon Mencium Aroma Juara pada Tim Bhayangkara FC
Grand Galaxy Park Mall

Ekbis

Voucher 500 Ribu Seharga 250 Ribu di Grand Galaxy Park