Home / Ekbis / Headline

Jumat, 11 Agustus 2017 - 20:34 WIB

Pajak Bertutur Dilaksanakan Serempak Hari Ini

Foto selfie bersama usai kegiatan pajak bertutur Kanwil DJP Jawa Barat II. Foto: Ist/Suarapena.com

Foto selfie bersama usai kegiatan pajak bertutur Kanwil DJP Jawa Barat II. Foto: Ist/Suarapena.com

SUARAPENA.COM – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat II dan Seluruh Kantor Pajak (KPP dan KP2KP) di Wilayah Kanwil DJP Jawa Barat II melakukan kegiatan Pajak Bertutur di sekolah dan perguruan tinggi yang berada di Wilayah Kerja Kanwil DJP Jawa Barat II dengan jumlah 39 Sekolah Dasar, Menengah Pertama dan Atas serta 2 Perguruan Tinggi, serta dikuti oleh 4.339 peserta (3.839 siswa dan 500 mahasiswa).

Adilega Tanius, Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Jawa Barat II mengatakan, kegiatan pajak bertutur selain dilakukan oleh Kanwil DJP Jawa Barat II juga dilakukan Oleh Kantor Pusat DJP, Kanwil DJP, KPP dan KP2KP yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia secara serempak hari ini.
 
“Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengadakan Video Conference pada 11 titik di Indonesia dan akan berdialog dengan para peserta didik (Siswa/Mahasiswa),” katanya, Jumat (11/8/207).

Kegiatan Pajak Bertutur ini dilakukan karena melihat struktur APBN yang ditopang oleh 76 % penerimaan Pajak, Penerimaan Pajak yang cukup memperihatinkan selama tujuh tahun terakhir yang belum pernah tercapai 100%.

Baca juga:  Habis Salat Isya, 2 Anggota Polisi Ditikam Warga Cikarang di Depan Masjid

Tingkat kepatuhan perpajakan (formal dan material) masih rendah, masih banyaknya potensi ekonomi nasional yang belum tergali, dan masyarakat yang masih memandang DJP sebagai instansi yang kurang dipercaya.

Baca juga:  Kadishub Kota Bekasi Protes Ojek Online Mangkal di Pinggir Jalan

Oleh karena hal tersebut Ditjen Pajak merasakan perlu untuk meningkatkan kesadaran pentingnya Pajak bagi masyarakat dan Negara mulai dari usia dini melalui jalur pendidikan. Pajak bertutur menjadi dalah satu bentuk cara untuk meningkatkan kesadaran itu yakni melalui kerjasama dengan Mendikbud dan Menrisetdikti.

“Kerjasama pajak bertutur ini dalam bentuk memberikan  edukasi nilai-nilai kesadaran pajak kepada generasi muda melalui pendidikan, program ini disebut dengan Edukasi Kesadaran Pajak dalam Sistim Pendidikan Nasional,” jelas Adi, sapaan akrabnya.

Untuk meningkatkan kesadaran dunia pendidikan terhadap program edukasi kesadaran pajak yang dijalankan oleh Direktorat Jenderal Pajak, lanjutnya, diperlukan juga upaya kampanye yang dilakukan secara terstruktur, terarah dan terpadu.

Baca juga:  Belasan Tahun Langgar GSS Bangunan Sepanjang Kali Duta Indah Dibongkar

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah Pajak Bertutur, yaitu melaksanakan kegiatan mengajar yang dilakukan oleh seluruh unit kerja Ditjen Pajak di seluruh Indonesia secara serempak kepada sekolah tingkat dasar (SD), tingkat menengah (SMP), tingkat atas (SMA) dan tingkat perguruan tinggi.

“Diharapkan acara pajak bertutur dapat menjadi momen pembuka bagi terlaksananya program edukasi kesadaran pajak dalam pendidikan secara berkesinambungan, sehingga cita-cita masyarakat sadar akan pentingnya pajak dapat terwujud dimulai dari dunia pendidikan dan berstimulasi dalam lingkungan masyarakat secara luas,” tutup Adi. (sng)

Share :

Baca Juga

Potensi Menang Besar, Tapi Jokowi Bisa Dikalahkan Dengan Cara Ini

Headline

Potensi Menang Besar, Tapi Jokowi Bisa Dikalahkan Dengan Cara Ini

Headline

Sengkarut PPDB Di Bodebek: Ombudsman Akan Panggil Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat

Headline

Hardjuno Wiwoho: Jangan Cari Panggung di Covid-19, Stop Pencitraan
Korem 051/Wkt Tegaskan Netralitas TNI dalam Pemilu 2019

Headline

Korem 051/Wkt Tegaskan Netralitas TNI dalam Pemilu 2019

Headline

Hadapi Pilkada Kota Bekasi 2018, PKS-Gerindra Bangun Koalisi
Hotel Aston Imperial Bekasi

Ekbis

Rayakan Lebaran? Bisa Manfaatkan Promo Hotel Aston Imperal Bekasi
Berikan Bantuan Korban Banjir, Jarum Minta Pemerintah Tindak Penambang Liar

Headline

Berikan Bantuan Korban Banjir, Jarum Minta Pemerintah Tindak Penambang Liar

Headline

LAI Majalengka Dukung Pemerintah Perbaiki Lembaga Keuangan Nasional