Ekonomi & BisnisHeadline

Pakar Ekonomi YBK Sebut Pengembangan E-Commerce Harus Berbasis Kearifan Lokal

SUARAPENA.COM – Pakar Ekonomi dari Universitas Negeri Malang, Dr. Imam Mukhlis menilai keberadaan e-commerce akan mendorong nilai tambah ekonomi, perluasan kegiatan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi.

“E-commerce (transaksi elektronik) dan e-money (uang elektronik) akan mendorong tiga hal penting yakni nilai tambah ekonomi, perluasan kegiatan ekonomi dan tentunya pertumbuhan ekonomi secara agregat. Sehingga diharapkan akan tercipta efisiensi dan produktifitas ekonomi,” ujar Imam dalam keterangan pers yang diterima Suarapena.com, Minggu (24/9/2017) pagi.

Namun, Imam menambahkan, bahwa pengembangan ekonomi berbasis digital perlu diarahkan berbasis kearifan lokal.

“Perlu dicatat, pengembangan ekonomi berbasis digital harus diarahkan berbasis kearifan lokal atau kekuatan ekonomi rakyat. Tanpa itu, pengaruhnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat tidak akan signifikan,” jelas Imam yang juga ekonom dari Litbang Yayasan Bung Karno (YBK) ini.

1 2Laman berikutnya
Tags
Show More

29 Comments

  1. Saya setuju, dengan adanya e-commerce sangat membantu memperlancar kegiatan ekonomi secara lebih luas . selain itu, dengan adanya e-commerce yang berbasis kearifan lokal dapat memberikan dampak langsung terhadap masyarkat lokal indonesia terutama yang ada di daerah . pemerintah perlu
    melakukan sosialisasi tentang kegunaan e-commerce terutama terhadap
    masyarakat yang buta akan tekhnologi dengan begitu penggunaan e-commerce akan merata dan dirasakan manfaat nya secara lebih luas

  2. saya sangat setuju dengan adanya e commerce dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, selain itu dengan berbasis kearifan lokal Indonesia bisa semakin mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan sehingga kesejahteraan masyarakat Indonesia bisa meningkat.

  3. setuju. karena e-commerce diarahkan pada basis kearifan lokal sehingga dapat membantu pelaku ekonomi yang khusus nya ada di pedesaan, mempermudah dan mempercepat transaksi, dan membuat masyarakat lebih sadar akan teknologi.

  4. Sangat setuju karena dengan adanya e-commerce, kegiatan bertransaksi menjadi sangat mudah dan lebih efisien, serta tidak ada batasan tempat dan waktu, baik yang di kota maupun pedesaan, semua dapat bersaing secara sehat.

  5. Sangat setuju, karena dengan berbasis kearifan lokal masyarakat akan lebih mudah beradaptasi dalam menggunakan transaksi elektronik. Dan tentu pertumbuhan ekonomi meningkat serta masyarakat sejahtera.

  6. Benar, pengembangan ekonomi digital melalui perdagangan elektronik (e-commerce) memang harus tetap didorong guna pencapaian efisiensi dan produktifitas ekonomi tanpa meninggalkan arah pada kekuatan ekonomi rakyat dengan tetap berbasis pada kearifan lokal

  7. saya setuju bahwa dengan adanya e-commerce dapat mendorong nilai tambah ekonomi, perluasan ekonomi, dan pertumbuhan ekonomi. karena e-commerce sendiri telah merubah cara bertransaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan tanpa batasan ruang dan waktu. terlebih jika e-commerce diarahkan berbasis kearifan lokal maka akan sangat membantu para pelaku usaha khususnya yang ada di pedesaan dalam mengembangkan usahanya dan mendorong masyarkat desa menjadi lebih melek teknologi.

  8. Sangat setuju dg e-commerce harus berbasis kearifan lokal. Karena dengan e-commerce berbasis kearifan lokal diharapkan dapat merangkul sektor ekonomi lokal seperti pertanian, perkebunan,perikanan dll untuk dapat berperan aktif dlm perdagangan berbasis digital. Sehingga bisa meningkatkan dan memperluas usaha dan pd akhirnya mampu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

  9. sangat setuju dg e-commerce harus berbasis kearifan lokal. Karena dengan e-commerce berbasis kearifan lokal diharapkan dapat merangkul sektor ekonomi lokal seperti pertanian, perkebunan, perikanan, dll untuk dapat berperan aktif dlm perdagangan berbasis digital. sehingga bisa meningkatkan dan memperluas usaha dan pd akhirnya mampu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

  10. Sangat baik karena dengan keberadaan e-commerce ini mampu mendongkrak potensi ekonomi kita dengan tetap mempertahankan kearifan lokal yg kita miliki dengan segala potensi yg dimilikinya
    Sehingga diharapkan dengan adanya e-commerce berbasis kearifan lokal ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kita kedepannya tanpa harus menghilangkan identitas yg kita miliki

  11. betul sekali karena keberadaan e-money dan e-commerce membuat produktifitas ekonomi menjadi lebih baik namun harus diarahkan pada kearifan lokal supaya peningkatan kesejahteraannya bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat

  12. saya sangat setuju bahwa pengembangan ekonomi harus didasarkan pada kearifan lokal karena kearifan lokal merupakan kekuasaan dan potensi riil yang dimiliki suatu daerah sebagai aset daerah yang dapat mendorong pengembangan dan pembangunan daerah

  13. Penerapan e-money sanfat mendukung kinerja memberika hal positif bagi pengguna jasa keuangan, meskipun msh banyak kendala yg dihadapi dalam penerapan e-money di Indonesia. Tetapi pemerintah selalu berusaha memberikan fasilitas serta pelayanan terbaik. Dengan adanta e-money dapat mempermudah melakukan suatu pembayaran tanpa harus ribet membawa uang cash. Transaksi pun akan lebih cepat dilakukan jika menggunakan e-money.

  14. Setuju dengan artikel ini, penggunaan e-money benar2 memberikan banyak keuntungan dlm bertransaksi. Dan yg terpenting, kita tdk lagi mendapatkan kembalian berbentuk barang seperti permen, karena dg adanya emoney pihak merchant hanya perlu melakukan kliring langsung melalui jaringan komputer.

Back to top button
Close
Close