Scroll untuk baca artikel
HeadlinePemerintahan

Pasien Jangan Khawatir, Meski Lebaran Layanan Kesehatan Tetap Berjalan

×

Pasien Jangan Khawatir, Meski Lebaran Layanan Kesehatan Tetap Berjalan

Sebarkan artikel ini
Petugas Kesehatan
tenaga medis

SUARAPENA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi Jawa Barat memastikan layanan kesehatan di wilayahnya tetap beroperasi selama lebaran 2017. Layanan kesehatan yang beroperasi selama 24 jam itu diantaranya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

”Dua pusat layanan kesehatan itu harus tetap beroperasi selama lebaran,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati, Sabtu (17/6/2017).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Menurut dia, untuk Puskesmas tidak semuanya beroperasi, yang beroperasi hanya Puskesmas yang kategori fasilitasnya lengkap. Bahkan, kata dia, dua pusat layanan kesehatan itu tetap beroperasi selama lebaran tahun ini, baik rumah sakit maupun puskesmas dilarang untuk menolak pasien miskin.

Berita Terkait:  Soal Penolakan Pasien BPJS, Ini Klarifikasi Dinas Kesehatan dan RSUD Kota Bekasi

Pelayanan juga harus diberikan kepada pemudik yang mengalami kecelakaan lalu lintas diwilayah Bekasi. Sementara untuk mengantisipasi pasien rujukan, dan pelayanan dokter dan perawat di rumah sakit harus 24 jam.

”Harus melayani dan tetap masuk saat lebaran. Petugas kesehatan seperti dokter dan perawat kami siagakan juga di posko mudik yang tersebar,” katanya.

Tanti mengatakan, salah satu Puskesmas yang nantinya bakal buka selama 24 jam itu Puskesmas Bantar Gebang, Puskesmas Pondok Gede dan Puskesmas Karangkitri di Bekasi Timur. Pasalnya, tiga Puskesmas ini merupakan lintasan yang dilalui pemudik menuju Pantai Utara (Pantura).

Berita Terkait:  Pemerintah Kota Bekasi Hadir Berikan Pelayanan bagi ODGJ

Sehingga, kata dia, bila terjadi kecelakaan atau butuh pelayanan kesehatan bisa langsung ditangani. Bahkan, jumlah petugas yang disiapkan akan disesuaikan dengan masing-masing Puskesmas. Namun, tetap ada koordinasi dengan Rumah Sakit Swasta terdekat atau RSUD Kota Bekasi.

”IGD RSUD dan rawat inap buka selama 24 jam. Untuk rawat inap, dokter akan tetap bekerja seperti hari biasa, sedangkan di IGD ditempatkan dokter jaga secara bergantian,” ungkapnya.

Berita Terkait:  Vaksinasi Booster di Kota Bekasi terus Digenjot

Untuk itu, pelayanan kesehatan di Kota Bekasi tetap berjalan seperti biasanya, hanya porsinya tidak seperti biasa.

Sementara Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengungkapkan, pemerintah menyiagakan petugas medis di pos pelayanan mudik di Jalan M Hasibuan atau depan Bekasi Cyber Park. Di Pos itu tersebut terdapat dokter, perawat dan mobil ambulance sebagai antisipasi kebutuhan pertolongan medis.

”Posko tersebut sudah dioperasikan H-7 hingga H+7 lebaran, dan bekerjasama dengan pihak kepolisian,” katanya. (sng)