Home / Headline / Politik

Sabtu, 23 Desember 2017 - 13:08 WIB

Peluang Duet RK dan Dedi di Jabar Ibarat Buah Simalakama

Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi

Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi

SUARAPENA.COM – Peluang Duet Ridwan Kamil (RK) dan Dedi Mulyadi dalam pencalonan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat diibaratkan Buah Simalakama.

Pengamat Politik dan Peneliti dari Indo Survey & Strategy, Herman Dirgantara menilai RK dan Dedi Mulyadi adalah sosok banyak dikenal masyarakat Jawa Barat. Kendati demikian, akan ada kejanggalan ketika dua tokoh ini dipasangkan dalam pencalonan gubernur dan wakil gubernur.

“Saya kira sulit untuk memasangkan kedunya. Dari sisi elektabilitas, Ridwan Kamil lebih diinginkan publik. Nah apakah mau dia jadi cawagub? Namun kalau Pak Dedi jadi cawagub apakah koalisi partai yang sudah lebih dulu mendukung Pak RK bisa menerima? kalau ada istilah, duet keduanya bisa saya sebut duet simalakama,” ujar Herman saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (23/12/2017).

Herman menambahkan, tipisnya peluang agar keduanya bergabung pun makin dipersulit pasca Golkar menarik dukungannya kepada Ridwan Kamil.

Baca juga:  Jangan Terkecoh, Kafe Chimica Laboratory Serasa Laboratorium Obat-obatan

“Golkar sebagai partai memang sah-sah saja menarik dukungannya, namun bagaimana penilaian publik? Jika tidak diantisipasi, ini bisa jadi bumerang bagi Golkar sendiri.” tukas Herman.

Baca juga:  Ridwan Kamil - Bandung Jarambah

Sebelumnya, Partai Golkar memutuskan untuk mengusung Dedi Mulyadi dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Saat ini, partai berlambang pohon beringin itu masih mencari sosok yang tepat untuk dipasangkan dengan Ketua DPD I Golkar Jawa Barat itu. Hanya saja, ada syarat yang harus dipatuhi Ridwan Kamil jika dukungan Golkar kembali diberikan kepadanya.

Baca juga:  Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Resmi Didukung PKB

“Kalau Ridwan Kamil masih mau dengan Golkar, catatannya Dedi Mulyadi yang menjadi wakilnya,” kata Ketua Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa dan Sumatera Partai Golkar Nusron Wahid saat dikonfirmasi, Jumat (22/12/2017).

Jika Ridwan Kamil menolak, kata Nusron, maka Dedi Mulyadi masih terbuka peluang untuk berpasangan dengan calon lainnya. Saat ini Golkar dan Dedi Mulyadi menjalin komunikasi intensif dengan partai lain. (sng)

Share :

Baca Juga

Bekasi Wedding Exhibition

Headline

Sudah Dimulai, Bekasi Wedding Exhibition 5th Didukung 60 Vendor
Partisipasi pemilih

Headline

Partai Politik Berperan Penting dalam Kontribusi Partisipasi Pemilih 

Headline

PPNI dan Anggota Dewan Terjun Bantu Korban Banjir
Ilustrasi (Foto/Net)

News

Ketua dan Sekretaris Penyelenggara Musda V Golkar Kota Bekasi Saling Bantah

Ekbis

Gas Melon Langka, Warga Bogor Mengeluh
Bursa Wagub DKI Jakarta Pengaruhi Dukungan PKS untuk Prabowo - ahmad syaikhu, dukungan pks untuk prabowo subianto

Headline

Bursa Wagub DKI Jakarta Pengaruhi Dukungan PKS untuk Prabowo?
Mengenal Penyakit Jantung Koroner bersama Dr. Novita Sitorus

Headline

Mengenal Penyakit Jantung Koroner bersama dr. Novita Sitorus
Heri Koswara, lebaran betawi

Headline

Heri: Kalau Mau Maju, Betawi Bekasi Kudu Rukun Kudu Ngaji