Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
Pemkab Tanjab Barat Maksimalkan Penerimaan PBB P2

Home / Pemerintahan / Suara Jambi

Rabu, 27 Februari 2019 - 14:55 WIB

Pemkab Tanjab Barat Maksimalkan Penerimaan PBB P2

SUARAPENA.COM – Pemkab Tanjab Barat menjalin kerjasama dalam pengelolaan setoran setoran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Pedesaan dan Perkotaan (P2). Ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan, edukasi kepada masyarakat agar pengelolaan pajak berjalan secara humanis, secara elegan.

Kerjasama tersebut dilakukan saat Rapat koordinasi intensifikasi PBB-P2 serta Launching penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB P2 tahun 2019, di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat, Rabu (27/2).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tanjabbar, Yon Heri mengatakan Rapat koordinasi yang intinya untuk memberikan arahan dan kesepakatan tentang bagaimana kita mengelolah PBB-P2 di 2019.

Baca juga:  Didukung 4 Bupati, Pulau Madura Diwacanakan Menjadi Provinsi

Sehingga, dengan demikian yang menjadi kelemahan pengelolaan selama 2018 lalu dapat dijaadikan pembelajaran dalam upaya peningkatan PBB-P2 tahun 2019 ini.

Dikatakannya juga menyerahkan SPPT untuk wajib pajak melalui camat utuk diteruskan hingga sampai masing masing wajib pajak. Penghargaan kepada pengelola pajak seperti Camat, Kades Lurah yang berprestasi.

Kemudian, yang tidak kala penting dalam upaya peningkatan pengelolaan PBB-P2 ini bekerjasama dengan Bank Jambi dalam pengelolaan setoran serta bekerjasama dengan MUI.

Baca juga:  Wabup Amir Sakib Hadiri Aksi Sapta Pesona

“Bekerjasama dengan MUI untuk memberikan penyuluhan, edukasi kepada masyarakat agar pengelolaan pajak itu berjalan secara humanis, secara elegan. Tidak ada cara pemaksaan,” tambahnya.

Dengan demikian timbul kesadaran masyarakat untuk segera menunaikan kewajiban perpajakannya.

Sementara itu, Sekda Tanjabbar Ambok Tuo, mengatakan PBB-P2 merupakan sumber penerimaan pendapatan daerah pendapatan daerah yang posisinya sangat strategis. Bahkan, menurutnya nilai perolehan objek bumi serta objek bangunan senantiasa mengalami peningkatan dari tahun ketahun.

Disampaikannya, jumlah wajib pajak PBB-P2 juga merupakan wajib pajak yang terbanyak dibandingkan dengan wajib pajak lainnya, karena setiap orang dapat menjadi subjek PBB-P2 sepanjang mereka memiliki, menguasai atau memanfaatkan objek bumi atau bangunan.

Baca juga:  KLHK Bentuk Kanal Komunikasi Kemitraan Lingkungan Jawa Barat

“PBB-P2 sebenarnya juga merupakan identitas dari kehidupan bernegara secara luas,” katanya.

Dia menuturkan pengelolaan PBB-P2 di Tanjabbar mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Baik dari sisi pelayanan dengan mendekatkan tempat pembayaran PBB-P2 pada tempat wajib pajak berdomisili melalui mobil pajak keliling.

Menurutnya, pengelolaan PBB-P2 yang semakin membaik ini tentu saja berdampak positif terhadap peningkatan penerimaan PBB-P2 Tanjabbar. (bin/hms)

Share :

Baca Juga

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo

Pemerintahan

Begini Kata Presiden Soal Transisi Pandemi ke Endemi

Pemerintahan

Bupati Safrial Sambut Kunjungan Silaturahmi Pengurus HMI
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo

Pemerintahan

Tegas, Sanksi Disiplin Akan Diberlakukan Jika ASN Melanggar Ini
Tiga Stadion di Jawa Barat Bakal Dijadikan Lokasi Tes Covid-19

Headline

Tiga Stadion di Jawa Barat Bakal Dijadikan Lokasi Tes Covid-19
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

Pemerintahan

Kemendag Bakal Tindak Tegas Oknum Penimbun Minyak Goreng

Parlemen & Politik

Kembalikan Formulir Pendaftaran di Kantor PKS, Muklis Patahkan Rumor Niatan Main-main

News

Tradisi Pawai Takbir Hari Raya Meriahkan Malam Kota Kualatungkal
Foto: Ilustrasi

Pemerintahan

Berikut Aturan Jam Kerja ASN Selama Ramadhan 2022, Simak yuk….