Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
Peran Islam Dalam Perubahan Sosial

Home / Pena Kita

Jumat, 20 Mei 2022 - 10:52 WIB

Peran Islam Dalam Perubahan Sosial

Foto Ilustrasi / Getty Images

Foto Ilustrasi / Getty Images

Oleh Adinda Fitria Yasmin

Mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

ISLAM sebagai agama ‘Rahmatan lil almin’ mambawa perubahan bagi umat manusia. Perubahan dalam pola hubungan sosial akan menuju pada perubahan nilai dan norma. Sebaliknya perubahan dalam ide dan nilai secara singkat akan mengarah pada terjadinya perubahan dalam hubungan sosial. Maka dari itu munculnya agama islam membawa perubahan yang sangat drastis pada nilai, norma maupun sosial pada kehidupan umat manusia.

Masyarakat dalam kehidupan bersifat dinamis, masyarakat akan terus membawa perubahan dari segi sosial, politik maupun ekonomi samapi kapan pun. Dan nilai dan norma agama akan mengarahkan baik atau buruknya perubahan yang dilakukan umat manusia.

Agama yang akan menjadi acuan pergerakan manusia dimuka bumi ini untuk melakukan perubahan yang baik dan menguntungkan.

Baca juga:  Lebih Mengenal Allah lewat Jazz

Secara garis besar penyebab terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat terdiri dari dua faktor, yakni:

1. Faktor internal

Perubahan sosial dalam masyarakat bisa disebabkan dengan: perubahan kependudukan, penemuan, konflik dalam masyarakat.

2. Faktor eksternal

Faktor eksternal, yaitu sumber perubahan sosial ini berasal dari luar masyarakat bersangkutan. Faktor eksternal ini meliputi antara lain: lingkungan, dan pengaruh kebudayaan lain.

Agama dalam kehidupan manusia berfungsi sebagai suatu sistem nilai yang membuat norma norma tertentu. Agama sangatlah penting dalam kehidupan manusia sebagai acuan hidup yang benar, sehingga diakui ataupun tidak agama sesungguhnya manusia sangat membutuhkan agama.

Maka dari itu munculnya islam untuk membawa umat manusia ke jalan yang benar dan untuk menjalani kehidupan yang aman dan tentram. Islam adalah agama yang sebenar benar nya bagi yang memeluknya.

Baca juga:  Terbitnya Matahari di Barat Jawa

Banyak penelitian-penelitian yang telah dilakukan berkenaan dengan ajaran agama dalam memberikan dorongan kepada pemeluknya untuk turut berpartisipasi dalam suatu proses perubahan dan memberi kan motivasi terhadap proses aktif dalam pembangunan masyarakat. Pendiri agama, tokoh agama, pengikut dan penganut agama sering datang dari berbagai latar belakang sosial yang berbeda, dari kondisi sosial berbeda inilah yang menjadikan sebab muncul dan menyebarnya ide dan nilai yang pada akhirnya nanti dapat mempengaruhi tindakan manusia dalam hidup bermasyarakat.

Dalam bermasyarakat pasti adanya perubahan entah dari segi sosial, politik maupun ekonomi. Terlebih lagi dengan muncul nya agama islam, membawa perubahan sosial yang tinggi. Sebagai contoh di negeri jazirah arab dahulu yang disebut zaman ‘jahiliah’. Mereka menyembah patung berhala, membunuh anak perempuan, perang antar suku, meminum khamr, memperjualbelikan budak, dan lain-lain.

Baca juga:  Ekspor Impor Indonesia Catat Rekor Tertinggi dalam Sejarah

Mereka bertindak semaunya dan tidak ada keadilan untuk semua manusia, saat itulah agama islam muncul dan membawa perubahan yang sangat besar dan membawa ketentraman hidup dengan adanya nilai dan norma yang berlaku untuk umat manusia. Maka dapat dikatakan peran agama islam sangat berpengaruh terhadap perubahan sosial. Islam dapat mengubah budaya budaya yang sangat buruk menjadi jauh lebih baik dan damai, tak ada lagi peperangan ataupun pembunuhan yang diperbolehkan.

Daftar Pustaka

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/istinbath/article/download/776/pdf/ https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/8726/1/SUPRIYANTO-

Share :

Baca Juga

Negeri Para Ksatria, Para Pandu Bhumi

Pena Kita

Negeri Para Ksatria, Para Pandu Bhumi
yusuf blegur

Pena Kita

Pidato ‘Bipang’ Jokowi Lambang Keblinger Sekretariat Negara

Pena Kita

Tiga Tingkatan Orang Berpuasa Menurut Imam Ghazali

Pena Kita

Hentikan Friksi Kuatkan Sinergi
Misi Facebook Mark Zuckerberg Sembunyikan Tujuan Sebenarnya

Headline

Misi Facebook Mark Zuckerberg Sembunyikan Tujuan Sebenarnya
Hijrah tak Pernah Berat

Headline

Hijrah tak Pernah Berat
Wacana Penggabungan ke Jakarta, Apakah Kota Bekasi Bangkrut

Headline

Wacana Penggabungan ke Jakarta, Apakah Kota Bekasi Bangkrut?

Pena Kita

Keberhasilan Kepemimpian Perempuan Dengan Genetis