Scroll untuk baca artikel
HeadlinePena Kita

Peringati Hari Buruh, Bukan Unjuk Gigi Tapi Untuk Refleksi

×

Peringati Hari Buruh, Bukan Unjuk Gigi Tapi Untuk Refleksi

Sebarkan artikel ini

Oleh: Badri Tamami
DPC POSNU Kota Bekasi

PERINGATAN Hari Buruh di Indonesia jatuh pada hari senin 1 Mei 2023 nanti. Dalam sejarahnya, Hari Buruh atau May Day memiliki perjalanan panjang, ia juga turut mengubah peradaban dunia, terlebih mengenai kesejahteraan dan jam kerja para buruh. Hari Buruh dijadikan hari libur nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2013.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Hari Buruh menjadi momentum bagi buruh untuk mengemukakan aspirasi dan tuntutan soal kesejahteraan hidup. Tidak jarang mereka juga mengkritisi kebijakan perusahaan atau Pemerintah yang dinilai tidak berpihak kepada buruh dengan menggelar unjuk rasa.

Sebelum adanya gerakan buruh, tepatnya tepatnya di masa puncak Revolusi Industri, ribuan pria, wanita dan anak-anak meninggal setiap tahun karena kondisi kerja yang buruk dan jam kerja yang panjang.

Berita Terkait:  May Day 2023, Nasir Djamil Sebut UU Ciptaker Lebih Berpihak ke Pengusaha

May Day adalah hari memperingati sejarah perjuangan para pekerja dan gerakan buruh yang dibanyak negara diperingati setiap 1 Mei.  Hubungan May Day dan hak buruh dimulai di Amerika Serikat. Selama abad ke-19, tepatnya di masa puncak Revolusi Industri, ribuan pria, wanita dan anak-anak meninggal setiap tahun karena kondisi kerja yang buruk dan jam kerja yang panjang.

Berita Terkait:  Waras Sebut May Day Jadi Penghormatan bagi  Semangat Tinggi Para Pekerja

Akhirnya, sejarah hari buruh 1 Mei dianut oleh banyak pemerintah di seluruh dunia bahkan menetapkannya sebagai hari libur nasional, tidak hanya negara yang memiliki pengaruh sosialis atau komunis.