Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
Perkuat Kerja Sama, Pemerintah Indonesia dan Swiss Bertemu

Home / Pemerintahan

Jumat, 10 Juni 2022 - 18:43 WIB

Perkuat Kerja Sama, Pemerintah Indonesia dan Swiss Bertemu

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah

SUARAPENA.COM – Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Sekretariat Negara Bidang Ekonomi Swiss, Boris Zürcher dalam rangka memperkuat kerja sama kedua negara di bidang ketenagakerjaan.

Pertemuan berlangsung pada Kamis (9/6/2022) di sela-sela rangkaian acara Konferensi Ketenagakerjaan Internasional atau International Labor Conference (ILC) ke-110 yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss.

Dalam pertemuan tersebut, Menaker mengemukakan tentang sejumlah kerja sama yang telah terjalin antara Indonesia dan Swiss.

Khusus di bidang perburuhan dan ketenagakerjaan, ia menyebut terdapat Agreement on Exchange of Young Professionals, dan Memorandum of Understanding (MoU) tentang kerja sama Perburuhan dan Ketenagakerjaan yang di antaranya masih berlaku.

Baca juga:  Pemkab Tanjab Barat Siapkan Perayaan HUT Kabupaten Dan HUT RI

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa MoU antara Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dengan Departemen Federal Urusan Ekonomi, Pendidikan dan Penelitian Konfederasi Swiss tentang kerja sama dalam masalah ketenagakerjaan telah ditandatangani pada tanggal 18 Juni 2019 di Jenewa, Swiss,” ucap Menaker dalam keterangan tertulis, Jumat (10/6/2022).

Menaker berharap MoU tersebut dapat memperkuat kerja sama di bidang ketenagakerjaan, khususnya dalam mengembangkan dan memajukan kebijakan pasar kerja, undang-undang perburuhan, termasuk standar perburuhan dan ketenagakerjaan internasional, dan hubungan industrial yang menjadi dasar yang signifikan bagi kepentingan bersama di tingkat nasional dan internasional.

Baca juga:  Fokus Tiga Kelompok, Anggaran PEN Tahun Ini Rp455,62 triliun

“Saya juga berharap, MoU ini dapat membantu memperdalam pemahaman masing-masing negara untuk mempromosikan pekerjaan yang layak yang berkontribusi pada peningkatan kegiatan ekonomi negara,” ujarnya.

Pada pertemuan itu, Menaker juga sangat mendorong keterlibatan tripartit dalam kegiatan-kegiatan berupa dialog sosial, pertukaran informasi dan best practice, pertemuan dan lokakarya, proyek kerja sama dan peningkatan kapasitas, studi bersama, inisiatif bersama dalam organisasi multilateral, dan bentuk-bentuk kerja sama lain yang akan disepakati untuk mendukung penerapan MoU ini.

Baca juga:  Ridwan Kamil Luncurkan Program Tapal Desa di Bogor

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan 1st Joint Working Group Meeting Indonesia-Swiss yang diselenggarakan pada 20 Oktober 2020 secara virtual untuk membahas dampak pandemi Covid-19 terhadap pasar tenaga kerja kedua negara, Program ILO tentang Better Work dan SCORE, prioritas kerja sama bilateral Indonesia-Swiss, dan Kemajuan Indonesia-EFTA CEPA dan Keketuaan Indonesia pada Pertemuan Menteri Tenaga Kerja ASEAN 2020-2022.

“Saya menyambut baik untuk melanjutkan diskusi mengenai rencana penyelenggaraan misi Tripartit Swiss ke Indonesia sekitar bulan November mendatang,” pungkasnya. (Bo/Ms/cr01)

Share :

Baca Juga

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

Pemerintahan

Demi Lindungi Pekerja Migran Indonesia, Pemerintah Terbitkan PP
Bupati Bogor Nurhayanti

Headline

Terkait Dugaan Pungli Sertifikasi Lahan Prona PTSL, Bupati Bogor: Tunjukkan ke Saya

Headline

Bantuan Dari Kelurahan Jatisampurna Masih Terus Mengalir Untuk Korban Bencana Kota Bekasi

Pemerintahan

Tri Adhianto Pastikan Perayaan Natal Terapkan Protokol Kesehatan

Headline

Pelebaran Jalan Patunas Terancam Gagal, Apa Alasannya?

Pemerintahan

Pemkab Tanjab Barat Gelar Open House Serentak Di Rumah Dinas

Headline

Gandeng Martha Tilaar, Kemnaker Kembangkan Obat dan Kosmetik
sekda definitif

Headline

Sekda Definitif Kota Bekasi Harus Terisi Selambatnya Akhir November