Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
Perkuat Sistem Kelistrikan Sumatera, PLTGU 275 MW Riau Diresmikan

Home / News

Kamis, 12 Mei 2022 - 17:24 WIB

Perkuat Sistem Kelistrikan Sumatera, PLTGU 275 MW Riau Diresmikan

Foto/Net

Foto/Net

SUARAPENA.COM – Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) berkapasitas 275 megawatt (MW) diresmikan di Kawasan Industri Tenayan, Pekanbaru, Riau pada Kamis (12/5/2022).

Pengoperasian pembangkit ini dipastikan akan memperkuat keandalan pasokan listrik di sistem Sumatera. Juga mendorong biaya pokok penyediaan (BPP) listrik lebih murah dan lebih bersih.

“Khusus untuk di wilayah Provinsi Riau, saat ini sudah ada tambahan sebesar 275 MW, tetapi ke depan juga bisa menjadi sentra pengembangangan PLTGU dengan melihat sumber daya energi yang ada di Provinsi Riau,” ungkap Menteri Arifin dalam keterangan tertulis.

Baca juga:  Jalan Tol Pandaan-Malang Disebut Dukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Dengan beroperasinya PLTGU Riau, daya mampu sistem kelistrikan Sumatera akan meningkat menjadi 7.266 MW dengan beban puncak mencapai 6.823 MW. Sehingga, cadangan sistem kelistrikan Sumatera menjadi 443 MW.

Pasokan dan pemerataan listrik ini kedepan diharapkan dapat meningkatkan sektor perekonomian di wilayah tersebut.

PLTGU Riau sendiri dikembangkan oleh PT Medco Racth Power Riau, anak usaha patungan antara PT Medco Power Indonesia bersama RATCH Group Public Company Limited.

Baca juga:  Kerugian Banjir dan Longsor Kabupaten Limapuluh Kota Capai Ratusan Miliar

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyatakan, pengoperasian pembangkit yang masuk dalam proyek 35 ribu MW ini menjadi bukti keberhasilan kolaborasi strategis antara PLN dengan produsen listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) dalam penyediaan listrik nasional.

“Ini merupakan hari bersejarah, di mana kita semua dalam proses tiga tahun ini telah bersama-sama dan berkolaborasi hingga pembangunan PLTGU telah berhasil dituntaskan dan kini bisa beroperasi,” ujar Darmawan.

Baca juga:  Data BMPS: Bangku Kosong SMK Swasta Sebanyak 7.017

Hadirnya PLTGU ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat serta pembangunan kawasan ekonomi baru, industri baru, atau kawasan industri khusus yang ada dalam perencanaan Provinsi Riau.

“PLTGU ini beroperasi tentu listrik semakin andal dan berkualitas. Itu artinya PLN semakin siap menyambut masuknya investor dan siap memenuhi peningkatan konsumsi listrik masyarakat ke depan,” pungkasnya. (Bo/cr01)

Share :

Baca Juga

Turnamen Futsal Bogor Timur

News

Perdana, BTJ Segera Gelar Turnamen Futsal Bogor Timur
H. Marhaban

News

Muslim Sebut H. Marhaban Masih Ketua ICMI Kota Bekasi yang Sah

News

Jumat Berkah, Kosgoro bersama Srikandi Golkar Bekasi Bagikan Nasi Box
Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Foto/Net)

News

Ini Makna Hari Ibu Menurut Iriana Joko Widodo
Neneng Hasanah Yasin

Headline

Warga Bekasi Sambut Pelantikan Bupati, Neneng Hasanah Yasin Menangis
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian

News

Simak! Begini Aturan Terbaru PPKM Jawa-Bali
idul adha

News

Idul Adha, Sekber Wartawan Bogor Berbagi Daging dengan Masyarakat
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo

News

Melalui Telepon, Jokowi Bahas Solusi Perdamaian Rusia-Ukraina