Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
Program PTSL 2021 Di Pondok Gede Lambat, Ombudsman Jakarta Raya Soroti Kinerja BPN Kota Bekasi

Home / Headline / News / Suara Jabar

Jumat, 1 Oktober 2021 - 21:12 WIB

Program PTSL 2021 Di Pondok Gede Lambat, Ombudsman Jakarta Raya Soroti Kinerja BPN Kota Bekasi

SUARAPENA.COM – Lambatnya pelayanan Kantah ATR/BPN Kota Bekasi dalam penerbitan Sertifikat pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2021 di Kecamatan Pondokgede menjadi sorotan oleh lembaga Ombudsman RI dalam hal ini Ombudsman Jakarta Raya. Kendala pelayanan yang lambat tersebut terkait percepatan penerbitan alas hak (sertifikat) milik penerima program PTSL sebutan dari Prona sebelumnya tersebut yang belum juga terealisasi dengan baik kepada masyarakat penerima.

Sebanyak 25 ribu kuota sertifikat program PTSL untuk jatah Kecamatan Pondokgede digelontorkan oleh Kantah Kota Bekasi sejak awal tahun 2021. Namun hingga sekarang belum ada mencapai 10 persen dari total 25 ribu sertifikat yang jadi diserahkan ke warga.

Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh P.Nugroho

Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh P.Nugroho

Terkait keterlambatan penerbitan alas hak melalui program PTSL 2021 khususnya di Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh P.Nugroho, mengatakan agar Kantah Kota Bekasi menyampaikan kendala yang dihadapinya kepada publik secara transparan.

Baca juga:  BPK Laporkan Temuan Kerugian Negara Senilai Lebih dari Rp19 Triliun

Menurut Teguh, PTSL memang menjadi beban berat bagi kantah manapun, dan BPN memang harus mengedepankan prinsip kehati-hatian selain percepatan penerbitan atas berkas alas hak masyarakat melalui program PTSL tersebut. “Ini jadi pertanyaan kami (ombudsman.red), dan juga jadi perhatian kami juga soal keterlambatan PTSL disana,” terangnya, Jumat (1/10/2021).

Baca juga:  Pemkot Bekasi Serahkan Bantuan Empat Baktor Sampah

“Namun Kantah Kota Bekasi juga perlu menyampaikannya kepada publik terkait keterlambatannya tersebut karna hal itu sudah ada dalam maklumat pelayanan mereka kepada masyarakat selain maklumat lainnya,” pungkas Teguh.

Padahal pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2021 kemarin (24/9) kemarin yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan (Kantah) ATR/BPN Kota Bekasi, dengan melakukan apel bersama dengan seluruh jajaran staf Kantah ATR/BPN Kota Bekasi dan dihadiri juga oleh Lurah serta para pengurus Pokmas di beberapa wilayah, juga hadir Wakil Walikota Bekasi, DR. Tri Adhianto.

Pihak Kantah Kota Bekasi memberikan secara simbolis untuk masing-masing Pokmas Kelurahan se kecamatan pondokgede yang hadir sebanyak Dua Sertifikat, padahal menurut pengakuan RW-RW kecamatan pondokgede diawal program PTSL 2021 bergulir pihak Kantah setempat berjanji secepatnya di bulan ini settifikatnya terealisasi maksimal ke warga namun kenyataannya tidak.

Baca juga:  Pesan Persaudaraan dari Kampung Sawah untuk Indonesia

“Janji pihak Kantah Kota Bekasi itu cuma sekedar janji mungkin, kita (RW.red) yang di tagih warga penerima program PTSL. Padahal pada rapat musyawarah sebelum program itu berjalan pihak Kantah kota bekasi janji bulan agustus hingga oktober ini terealisasi maksimal, jangan kan maksimal bang, 1 persennya aja belum,” ungkap beberapa Ketua RW di pondokgede, Jumat (1/10/2021). (yudhi)

Share :

Baca Juga

Uri Huryati - Partai Golkar

Headline

Maju Kembali di Pileg 2019, Uri Huryati: Jadilah Pemilih Cerdas

Suara Jabar

Amerta Minta Pilkades Serentak Perhatikan Protokol Kesehatan

Suara Jabar

Pemkab Bekasi Bakal Bangun Dua Balai Penyuluhan Pertanian di Wilayah Ini
Industri daerah, Bekasi

Headline

DPRD Kabupaten Bekasi Inisiasi Lahirnya Perda Rencana Induk Industri Daerah
sekda definitif

Headline

Sekda Definitif Kota Bekasi Harus Terisi Selambatnya Akhir November
PLN Bekasi

News

Lanjutkan Safari Ramadhan, PLN Bekasi Kembali Bagikan Ribuan Sembako
Organda Jawa Barat dan Organda Kota Bekasi Sepakati Lima Keputusan

News

Organda Jawa Barat dan Organda Kota Bekasi Sepakati Lima Keputusan
Ilustrasi (Foto/Net)

News

Tak Buka Formasi CPNS, Tahun Ini Pemerintah Fokus Rekrut PPPK