Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u8334638/public_html/wp-includes/functions.php on line 5831
Sambut Era Industri 4.0 Jababeka Buka Fabrication Laboratory

Home / Ekbis

Senin, 1 Maret 2021 - 13:16 WIB

Sambut Era Industri 4.0 Jababeka Buka Fabrication Laboratory

SUARAPENA.COM -Jababeka selaku pengembang kota mandiri dan kawasan industry di Indonesia secara resmi membuka Fabrication Laboratory (Fablab) di kawasan Medical Science Center, Kota Jababeka Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Fablab Jababeka merupakan hasil kolaborasi antara anak perusahaan PT. Jababeka Tbk, yaitu PT Jababeka Infrastruktur dengan President University, dan menjadikannya Fablab pertama di Indonesia yang berlokasi di kawasan industri. 

“Kami hadirkan Fablab Jababeka ini sebagai fasilitator dan wadah untuk menuangkan segala inovasi dari segala lapisan masyarakat mulai dari mahasiswa, teknisi, pekerja, komunitas, perusahaan startup, sehingga memungkinkan mereka untuk belajar dan mengimplementasikan Industry 4.0,” ujar Tjahjadi Rahardja selakuBoard of Director PT. Jababeka Tbk, yang turut hadir dalam peresmian Fablab Jababeka. 

Fablab Jababeka akan lebih memfokuskan pada pengembangan kompetensi serta pengembangan purwarupa maunfaktur untuk tenant industri. Tjahjadi menjelaskan bahwa Fablab Jababeka mengusung lima pilar utama yakni pilar showcase, capability, ecosystem, delivery dan innovation dimana kelima pilar ini sejalan dengan tujuan PIDI 4.0 (Pusat Inovasi Digital Industri 4.0). PIDI 4.0 merupakan suatu program pemerintah dalam pengembangan inovasi dan  sumber daya manusia demi terwujudnya Indonesia 4.0. 

Baca juga:  Pengumuman! TMII Ditutup Sementara Untuk Pengunjung

Rektor President University, Jony Haryanto yang turut serta dalam pengembangan Fablab Jababeka ini menuturkan,

”Dengan fasilitas Fablab Jababeka, memungkinkan para pelaku industri khususnya di kawasan Jababeka untuk dapat memenuhi segala kebutuhannya di eraIndustry 4.0 melaluiFablab Showcase,”

Selain itu,  melalui Fablab Jababeka dapat meningkatkan kemampuan kapabilitas individu melalui forum group discussion (FGD), workshop, training  serta  seminar yang akan diadakan oleh Fablab Jababeka.  Fablab Jababeka ini pun dikatakan sebagai Fablab pertama yang memiliki dukungan ekosistem matang yang siap menyambut era Industry 4.0. Ekosistem ini terbentuk dari peran serta dan kolaborasi sejumlah pemangku kepentingan yang berada di kawasan Jababeka seperti insititusi pendidikan, komunitas, living lab, investor, accelerator, perusahaan, media dan pemerintah. Diharapkan dengan dukungan ekosistem ini dapat mengakselerasi industri konvensional menuju Industry 4.0 serta mempertemukan para perusahaan penyedia solusi Industry 4.0 dengan  perusahaan lain yang membutuhkan solusi tersebut. 

Baca juga:  Tanam Sayuran Jadi Implementasi Tani Mulyo dan Kembang Kenari

Fablab Jababeka menghadirkan sejumlah fasilitas serta peralatan industri modern yang dapat digunakan para peserta. Mulai dari perangkat lunak untuk design, mesing metal cutting, grinder, Arduino, drill hingga 3dprinter, 3d scanner, 3in1 Snapmaker, Armrobotic dan Cnc Plasma. Seluruh fasilitas ini terbuka untuk umum seperti mahasiswa, akademisi, komunitas,start up, praktisi maupun industry dengan cara mendaftarkan diri melalui website Fablab Jababeka.

“Kami membuka diri bagi siapa saja yang hendak mengembangkan diri atau pun produknya dengan cara bergabung di Fablab Jababeka, karena disinilah tempat untuk belajar, berkolaborasi serta mengimplementasikan teknologi Industry 4.0,” jelas Tjahjadi.

Baca juga:  Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,01 persen pada Kuartal I-2022

Hal ini sejalan dengan jargon Fablab Jababeka yakni Create – Innovate – Collaborate.  Dengan kehadiran Fablab Jababeka menjadikan salah satu kesiapan Jababeka dalam menyambut transformasi Industry 4.0 di Indonesia dengan kolaborasi pentahelix diantara pemerintah, swasta, akademis dan masyarakat. Hal ini semakin menguatkan jati diri Jababeka sebagai salah satu pengembang kawasan industry unggulan serta pioneer pengembangan Industry 4.0 di Indonesia. 

Bagi mereka yang hendak mengetahui informasi lebih lanjut ataupun yang ingin bergabung di Fablab Jababeka dapat mengakses website Fablab Jababeka di www.fablabjababeka.com atau menghubungi 08111-274321 via Whatsapp. Setiap member Fablab Jababeka nantinya dapat mengakses segala fasilitas serta mendapatkan penawaran khusus dalam workshop, training dan penggunaan alat industri modern yang telah disediakan khusus oleh Fablab Jababeka. (sng)

Share :

Baca Juga

Meikarta, Pemasaran Meikarta

Ekbis

Lippo Group Kebut Pemasaran Meikarta Besar-besaran

Ekbis

Gelar Webinar Talkshow, KPPU Bahas Strategi Penguatan Industri Nasional
BM FIFGROUP Cabang Bekasi 1, Syarifuddin menyerahkan 175 paket sembako kepada Oim (selaku rt setempat)dan juga ditemani MITRA BABINSA DAN MITRA POLISI pada hari Sabtu, 07 Agustus 2021 yang berlokasi di Kp.Rawa Panjang rt 03 rw 03 kel.Rawa Panjang kec.Rawa Lumbu Bekasi Timur.

Ekbis

Selama Pandemi FIFGROUP Salurkan Paket Sembako Senilai Rp 23,853 Miliar
Ilustrasi (Foto/Net)

Ekbis

Harus Tau Nih, Ada Aturan Baru bagi Pengguna Pertalite dan Solar
Pemasangan pipa PDAM Tirta Bhagasasi

Ekbis

PDAM Tirta Bhagasasi Garap  Pipa Sepanjang 6,3 Kilometer ke Cibarusah dan Cikarang Selatan
Kota International Meikarta. Ilustrasi

Ekbis

Ternyata Meikarta Menjadi Persembahan untuk Mama dan Jakarta
Kanwil DJP Jabar II

Ekbis

Jaring Wajib Pajak, Kanwil DJP Jabar II Lakukan Out Call dan Pajak Bertutur

Ekbis

Pengcab Japnas Bekasi Dilantik, Ini Harapan Tri Adhianto