Home / Headline / News

Senin, 5 Februari 2018 - 03:50 WIB

Senang Sekali, Sarmilih Dibantu Bedah Rumah Meski Tanpa Program Rutilahu

Sarmilih terlihat sumringah menerima kunci rumahnya yang baru saja direnovasi melalui program bedah rumah dengan bantuan swadaya tetangganya. Foto: Saim / Suarapena.com

Sarmilih terlihat sumringah menerima kunci rumahnya yang baru saja direnovasi melalui program bedah rumah dengan bantuan swadaya tetangganya. Foto: Saim / Suarapena.com

SUARAPENA.COM –  Sarmilih, warga Kelurahan Jatiluhur Rt 08 RW 02, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat tak bisa banyak berkomentar. Dia hanya mengucapkan terima kasih kepada Ketua RT dan tokoh masyarakat setempat lantaran kondisi rumahnya kini sudah jauh lebih baik.

Pria berusia 75 tahun itu ialah salah seorang penerima bantuan bedah rumah dengan dana swadaya warga RT 08 kelurahan Jatiluhur, Jatiasih, Kota Bekasi.

“Senang sekali, terimakasih banyak,” kata Sarmilih di kediamannya saat acara serah terima kunci.

Dia tak banyak bercerita mengenai kondisi rumah sebelum dibedah. Namun dari foto yang disampaikan Sarmilih, rumah tersebut tampak kondisi yang tidak rapi mulai dari atap, dinding, hingga lantai rumahnya.

Baca juga:  Mitsubishi Motors Auto Show Hadirkan XPANDER CROSS di Bekasi

Itu berbeda dengan kondisi yang ada saat ini. Setelah dibedah, rumah tersebut terlihat jauh lebih baik. Rumah Sarmilih sudah tertata rapi. Lalu, temboknya bercat putih bersih dengan pintu dan jendelanya pun tampak indah dengan warna cokelat.

Ketua RT 08/02 kelurahan Jatiluhur, Naer Sulaiman, mengatakan, ini merupakan program  dari tokoh masyarakat setempat .

“Kami bersama warga dan tokoh masyarakat ingin mencoba membantu warga yang ada diwilayah kami dengan membantu masyarakat khususnya dalam pemenuhan rumah layak huni,” jelasnya.

Ia juga menambahkah, sebenarnya rumah tersebut sudah masuk dalam daftar prioritas pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu) dari program pemerintah BKM.

Baca juga:  Ketua DPW PKS Jawa Barat Sambut Baik Keunggulan Anies-Sandi

“Rumah pak Sarmilih memang sudah kami ajukan dan sudah masuk prioritas yang akan dibangun melalui program rutilahu BKM. Lantaran waktunya juga  masih lama, akhir ada usulan dari warga agar kami berswadaya membangun rumah ini,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu warga yang merupakan inisiator bedah rumah, Umam (55) mengatakan, awalnya rumah tersebut memang kurang bagus, kurang enak dipandang. Hingga akhirnya dirinya mengajak warga dan jamaah pengajiannya untuk bersama-sama berswadaya membedah rumah tersebut.

“Alhamdulillah setelah kami rembukan, akhirnya kami sepakat untuk membangun rumah Pak Sarmilih. Kegiatan seperti ini sangat baik untuk membangkitkan rasa kepedulian antar warga,” katanya.

Baca juga:  Santunan Anak Yatim Warnai HUT Kelima KPA Cempala

Ia, juga berharap, kegiatan seperti ini dapat dijadikan sebagai motivasi dan dapat ditiru yang lain.

bedah rumah sarmilih

Prosesi bedah rumah milik Sarmilih (75), warga Kelurahan Jatiluhur Rt 08 RW 02, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Meskipun sudah ada program rutilahu  dari pemerintah, namun tidak ada salahnya kalau kita juga ikut berperan dalam membantu program pemerintah tersebut. Kalau masalah dana sih saya rasa bisa darimana saja, yang penting ada niatnya “. tukasnya.

Umam mengaku menghabiskan sekitar 11 jutaan untuk membedah rumah dari hasil swadaya. Dia berharap, dari kegiatan seperti ini hubungan antar warga dapat semakin erat.

” Harapannya kami dengan kegiatan seperti semakin mempererat hubungan antar warga,” pungkasnya. (saim)

Share :

Baca Juga

seni budaya indonesia -Iriana Jokowi

Headline

Ibu Negara Iriana Kenalkan Seni Budaya Indonesia ke Ratu Swedia Silvia
Aad Firdaus Apresiasi Pemilihan Ketua RW Ala Pilkada di Rangkasbitung

Headline

Aad Firdaus Apresiasi Pemilihan Ketua RW Ala Pilkada di Rangkasbitung
Taman Surga Orang Mati

Headline

Ini Letak Taman Surga Orang Mati di Kabupaten Bogor

Headline

Kasdam XIV Hasanuddin Hadiri Peresmian GOR JK Arenatorium Kampus Unhas
Hijrah tak Pernah Berat

Headline

Hijrah tak Pernah Berat
Khofifah

Headline

Khofifah : Jaga Terus Merah Putih
Acara Fun Rally GNNT 2017

Headline

Jasa Marga Dukung Program Less Cash Society Melalui Fun Rally GNNT

Headline

Ciptakan Suasana Puasa Kondusif, Polisi Musnahkan 15 Ribu Botol Miras