Home / Hukrim

Senin, 22 Maret 2021 - 21:56 WIB

Sepakat! Kapolri dan KSAL Tingkatkan Kerjasama Keamanan Perairan Laut

SUARAPENA.COM – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono sepakat tingkatkan kerjasama keamanan perairan laut.

Kesepakatan ini dilakukan dalam kunjungan Kapolri ke Mabes TNI AL di Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/3/2021).

Dalam pertemuan itu, keduanya sepakat untuk meningkatkan sinergitas soal keamanan dan penegakan hukum di perairan Indonesia. Penguatan itu dilakukan di satuan jajaran TNI AL dan Polri.

Baca juga:  Demonstrasi Wartawan Jadi Buntut Arogansi Kajari Kabupaten Bekasi Risman Tarihoran

“Sinergitas kerjasama di operasi utamanya amarinir dan Brimob, Lantamal dengan Polair,” kata Sigit dalam pertemuannya bersama KSAL.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolri dan KSAL juga mendiskusikan soal maraknya kejahatan tindak pidana narkoba yang diselundupkan melalui jalur laut atau perairan. Modus pelaku kejahatan itupun untuk mengelabui petugas saat ini beragam, misalnya menyimpan barang haram itu dengan dibungkus kemasan teh.

Mantan Kabareskrim Polri itu menekankan, dalam penanganan kasus kejahatan di perairan perlu adanya penguatan sinergitas di tingkat bawah hingga atas. Mengingat saat ini banyak jalur perairan dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan.

Baca juga:  Jauh dari Nilai Agama, Fenomena Gangster Bermunculan

Oleh sebab itu, Sigit menyebut, perlu adanya pembahasan soal dilakukannya pelatihan bersama antara personel Polri dan TNI AL dalam mengamankan perairan Indonesia.

“Bagaimana ada kegiatan pelatihan bersama ada integrasi di tingkat pelaksana. Minimal pernah ada pelatihan bersama,” ungkap mantan Kapolda Banten ini.

Baca juga:  Mulai Besok Harga Minyak Goreng Rp14.000 Per Liter

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono berpandangan perlunya meningkatkan sinergitas antara TNI-Polri dalam memberangus kejahatan.

“Kerjasama sinergitas AL dengan polisi terutama Polair. Kewenangan yang bukan AL diserahkan ke Polisi. Hal seperti ini dikembangkan dan di tingkatkan dalam sinergitas,” ucap Yudo.

Dengan munculnya fenomena kejahatan di perairan itu, Yudo pun sepakat perlu adanya integritas dari jajaran TNI dan Polri dalam melaksanakan tugasnya.

Laporan : Sudirman

Share :

Baca Juga

Hukrim

Kemenkumham Bakal Investigasi Dugaan Suplai Narkoba Dari Lapas Kualatungkal
penjahat kawasan industri bekasi

Hukrim

Komplotan Penjahat Spesialis Kawasan Industri di Bekasi Dibekuk Polisi
eksekusi lahan sita marital

Headline

Objek Sita Marital Dieksekusi, Kuasa Hukum Nilai Ada Kejanggalan

Hukrim

Karyawan PT LPPI Unjuk Rasa Minta Kesejahteraan

Headline

Mantan Pengacara Lily Moza Sebut Beben Sudah Bayarkan Kompensasi Hutang

Headline

Operasi Tangkap Tangan Disebut Perlu Agar Timbulkan Efek Jera Koruptor

Hukrim

LBH Bogor Desak DLH Publikasikan Hasil Uji Limbah

Hukrim

Akhirnya, Bapak dan Anak Pelaku Pencabulan Dibekuk