Scroll untuk baca artikel
Par-Pol

Sholihin Dorong Penyusunan Perda Nilai Kebangsaan NKRI

×

Sholihin Dorong Penyusunan Perda Nilai Kebangsaan NKRI

Sebarkan artikel ini
Sholihin

SUARAPENA.com – Ketua DPC PPP Kota Bekasi, Sholihin berharap agar perencanaan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pancasila dan kebhinekaan NKRI segera dilakukan. Pasalnya, hal ini berkaitan erat dengan kelangsungan harmonisasi dalam kehidupan berbangsa dan negara.

“Karena ini sangat penting, dan kita harus menegakkan NKRI dengan keanekaragaman adat dan budaya di Indonesia, khususnya Kota Bekasi yang heterogen,” katanya, Selasa (7/3/2017).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Menurutnya, melalui perda yang disusun, maka keutuhan toleransi antar umat beragama bisa lebih terjaga. Masyarakat di Kota Bekasi nantinya bisa lebih memahami bagaimana seharusnya hidup dengan lingkungan kultur agama, adat, hingga suku yang beragam.

“Kita harus menegakkan toleransi, hak semua orang di mata hukum tetap sama antara minoritas dan mayoritas,” tukasnya.

Dia menambahkan, ketika perda tentang kebhinekaan dan pancasila selesai dibuat, selanjutnya akan dilakukan sosialisasi ke tengah masyarakat hingga ke tingkat kelurahan. Dengan demikian semua orang akan memahami lebih jauh ketentuan perda yang harus dijalankan di tengah kehidupan masyarakat.

“Nah nanti disini tugas para anggota dewan yang akan mensosialisasikan,” imbuhnya.

Sholihin mengungkapkan, belum lama ini dia masuk dalam 20 anggota dewan dari DPRD Kota Bekasi yang mengikuti pemantapan nilai-nilai kebangsaan bersama Lembaga Pertahanan dan Ketahanan Nasional (Lemhannas). Melalui pemantapan tersebut, para anggota dewan dituntut untuk mampu mendorong terciptanya keharmonisan, dan menularkan sikap cinta tanah air kepada masyarakat.

“Para anggota dewan ini yang kemudian menjadi agen yang menyebarkan pentingnya nilai kebangsaan dan menjaga ketentraman dan keamanan masyarakat,” pungkasnya. (sng)