Scroll untuk baca artikel
Pena KitaPendidikan

Kualifikasi dan Peran Kompleks Seorang Guru

×

Kualifikasi dan Peran Kompleks Seorang Guru

Sebarkan artikel ini
Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd (Direktur Sekolah Islam Nabilah Batam/Dosen UNIBA, UIS dan Pasca Sarjana UT/ Ketua Yayasan Cita Bunda Batam)

Sejalan dengan UU Sisdiknas No.20 tahun 2003 menyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia.

Guru sebagai sahabat siswa di sini maksudnya adalah guru mempunyai peran yang menciptakan kenyamanan terhadap siswa sehingga siswa dapat menyampaikan unek-uneknya dengan tanpa rasa khawatir, karena keterbukaannya siswa dapat meminimalisir masalah. Dari sisi positifnya, siswa tidak akan mencari pendampingan dari jalur yang salah bila hal ini tetap dilakukan sesuai kaidah-kaidah positif.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Guru sebagai orang tua pengganti di sekolah, mempunyai peran lebih kepada penerima amanah dari orang tua ketika mengantarkan putra putrinya hingga pagar sekolah, maka penjagaan anak beralih ke guru atau sekolah. Amanah ini luas artinya karena kenyamanan anak sangat penting tanpa melampui batas amanah yang diterima guru. Adanya komunikasi antara orang tua siswa dan guru menjadi garis hubung yang tak dapat diabaikan. Kuncinya adalah kepercayaan satu sama lain sehingga terjadi pengertian dan hubungan yang harmonis antara sang pemberi amanah dan si penerima amanah, yaitu guru.

Berita Terkait:  Ironi Kerusakan Suatu Negeri

Begitu detail dan istimewa tugas guru, yang meliputi bukan hanya tanggung jawab mengenai proses kegiatan belajar mengajar (KBM) saja tetapi yang lebih berat dari itu adalah tanggung jawab non teknisnya yang berkaitan dengan amanah menyeluruh selama di sekolah. Karena hal inilah jika bukan panggilan hati tak akan seseorang menjadi guru, karena sangat tidak mudah.

Berita Terkait:  Tidak Akan Dipecat, Megawati Perlu Gibran di Kubu Prabowo

Sebagai penutup dari penulis, semoga semua guru dengan ilmu yang telah ditransfer kepada siswanya serta peran lainnya yang telah dilakukan dengan baik, Allah SWT menempatkan pada golongan orang-orang yang amanah dan keberkahan ada pada Bapak dan Ibu Guru kita. (*)

Demi Bakti atau Ambisi
Pena Kita

Oleh Yusuf Blegur TANPA pemberlakuan syariat Islam sesegera…